Kepala BPN Samosir Bantah Ada Terima Gratifikasi

Salah Satu Tokoh Pemuda Samosir,Pangururan Nahum Naibaho
Terkait issu Tak sedap yang  sempat beredar khususnya dikalangan Masyarakat  Samosir ,bahwa pengurusan sertifikat Pronas T.A 2013 ,yang dilakukan oleh BPN Samosir ,”ada dugaan terima Gratifikasi dari sinaga Cs berupa sebidang Tanah untuk memuluskan pengurusan sertifikat seperti yang dikutip dari salah satu Media Harian terbitan Medan pada waktu lalu.

Akhirnya Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Samosir Hizkia Simarmata kepada Partukkoan.com Jumat (5/9)angkat bicara ,”ini perlu diluruskan bahwa sampai  saat ini data dan sertifikat yang telah dikeluarkan BPN samosir mulai TA 2013-2014 ,atas nama Sinaga Cs belum pernah kita keluarkan apalagi ada terima gratifikasi,seperti yang dituduhkan mereka,Ujar Hizkia.

Hizkia lebih lanjut menjelaskan,bahwa pengurusan sertifikat Tanah Pronas TA 2013-2014 hingga saat ini pihak kita tidak pernah mempersulit masyarakat samosir ,asal sudah memenuhi prosedur atau persyaratan yang telah ditetapan oleh pemerintah.

“lebih jelasnya seperti ini: setiap pemohon langsung datang bawa permohonanya sesuai dengan alas hak akan diproses.untuk itu setiap pemohon diukur dengan ukuran yang ada didalam surat dan disesuaikan dilapangan.

Ia berharap pada kesempatan ini,berhubung dengan adanya program  legalisasi asset maka diimbau kepada semua masyarakat samosir agar membawa permohonanya dengan membawa alas hak atau suarat-surat yang berhubungan dengan tanah yang dimohon,imbaunya .


Terkait tudingan  Kepala BPN Kabupaten Samosir, Hizkia Simarmat dan staf pengukuran BPN Kabupaten Samosir, Harlen Damanik  diduga menerima gratifikasi dari Program Nasional Tahun Anggaran 2013 di Kecamatan Harianboho, Kabupaten Samosir. Keduanya disebut mendapat bagian 3 hektare untuk Hizkia ,”bahwa itu jelas fitnah dan tidak ada,tegasnya.

Apakah saya sebagai kepala BPN tidak bias mengurus sertifikat yang satu Marga dengan saya,kalaupun hubungan saya secara marga Simarmata dengan mereka yang kuurus Sertifikatnya ,pertemuan kami sudah jauh atau digaris keturunan kesembilan oppugn kami diatas,jadi apakah saya salah mengurus setifikat tanah mereka?,Ungkapnya.

Senada Salah seorang Tokoh Pemuda Samosir Nahum Naibaho,mengatakan,Mulai kepemimpinan Kepala BPN Samosir Hizkia Simarmata,pengurusan sertifikat Tanah disamosir sudah lebih mudah dan cepat sehingga masyarakat samosir sepertinya sudah terlayani dengan baik ,tidak seperti kepemimpinan kepala BPN terdahulu kurang ingat namanya,tidak merakyat sehingga masyarakat samosir kurang mengenalnya.

“Mudah-mudahan pak Hizkia ini dapat lebih lama disamosir bertugas alias Martabe,sehingga persoalan tanah yang kerab masuk keranah Hukum bisa di minimalisir antara pihak bersaudara atau masih ikatan keluarga disamosir karena dia sudah lebih tau tatanan adat dikalangan masyarakat,Jadi kalau ada pihak-pihak yang menuding beliau terkait dugaan Gratifikasi,marilah kita lebih dulu Cek and Ricek secara konfrehensip,sehingga informasi dimasyarakat tidak Kontraversi,Imbuhnya.

Liputan Hatoguan Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment