LSM LAKI Minta Polres Periksa Kepala Dinas Pertanian Samosir,Terkait Pembangunan Kolam Darat Yang Sia-Sia

ilustrasi
Samosir Partukkoan.Com
Beberapa elemen masyarakat di Samosir berharap agar  aparat penegak hukum pada khususnya pihak Tipikor Polres Samosir bisa segera memeriksa Kepala Dinas Pertanian Samosir Rensus Simanjorang terkait banyaknya proyek Pembangunan kolam darat pada Tahun Anggaran 2013 tidak berfungsi.

Bahkan, dengan tegas Ketua LSM LAKI Feriasi Sirait didampingi Ketua PAC PP Kecamatan Pangururan Ingot Naibaho "menantang" Kapolres Samosir AKBP Andry Setiawan untuk menelusuri dugaan penyimpangan di instansi tersebut, karena sesuai data yang dimilikinya, Dinas Pertanian Samosir membangun sekitar 60-an kolam darat dengan nilai pagu mencapai Rp 3 milyar rupiah.

"Kami berharap aparat penegak hukum di Polres Samosir memanggil dan memeriksa kepala dinas pertanian, banyak proyek pekerjaan bernilai milyaran yang sudah dikerjakan tahun lalu kini terbengkalai dan parahnya tidak bisa digunakan oleh masyarakat,  rusaknya bangunan dikarenakan kwalitas bangunan yang sangat buruk," katanya kepada wartawan, Minggu (7/9).

Selain itu, Feriasi juga berharap pimpinan daerah melalui Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon segera mengevaluasi kinerja kepala dinas pertanian, sebab dikwatirkan jika tidak segera dievaluasi, anggaran yang yang sudah diplot di dinas pertanian terancam akan diselewengkan dan kemungkinan akan berakhir sia-sia.

"Bupati harus turun tangan. Dinas pertanian berencana akan melanjutkan membangun kolam darat untuk Tahun Anggaran 2014 di tiga kecamatan. Jika pembangunannya sama seperti Tahun Anggaran 2013, kami kwatir, hasilnya akan berakhir dengan sia-sia dan terbengkalai," tegasnya.

Kapolres Samosir AKBP Andry Setiawan saat dihubungi wartawan menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat yang memberikan informasi terkait dugaan penyimpangan pembangunan kolam darat di Dinas Pertanian Samosir.

Andry mengaku akan melakukan penyelidikan serta berharap masyarakat membantu dengan memberikan laporan dan informasi yang dapat membantu pihaknya dalam menuntaskan kasus dugaan korupsi.

"Terimakasih untuk masyarakat yang memberikan kepercayaan kepada Polres Samosir, kami akan segera melidiknya," tegas pria berbadan hitam ini.

Sementara itu,  belum lama ini hasil cek dan ricek dilapangan yang dilakukan oleh Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Cabang Samosir dibantu beberapa media, puluhan kolam darat yang dikerjakan Dinas pertanian tidak berfungsi dan kurang maksimal dimanfatkan oleh masyarakat.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment