Diduga Proyek PL Dinas Tarukim Samosir, ”Jatah Oknum Penguasa”

Internet (jatah proyek)
Partukkoan.com

Pada Tahun Anggaran 2014 ini Dinas Tarukim Samosir miliki ratusan paket proyek berkapasitas penunjukkan langsung (PL) yang bernilai di bawah pagu dua ratusan juta rupiah.

Dimana kegiatan ini merupakan proyek empuk dan diduga keras jatah para Oknum pejabat teras Samosir ,”Cuci Tangan,”atau yang dikerjakan oleh para sanak keluarga mereka sendiri.

Hasil olah lapangan dan informasi yang dilakukan wartawan menunjukkan bahwa setiap rekanan rata – rata mengerjakan tiga paket proyek dengan nilai pagu hampir mencapai enam ratus jutaan rupiah.

Yang ironisnya ada ditemukan dilapangan di salah satu desa ada empat paket proyek Penunjukkan Langsung (PL) Dinas Tarukim yang dikerjakan oleh satu CV dan pelaksana yang sama, demikian pula dari instansi yang lain juga rekanan yang sama dalam satu desa itu.

Berdasarkan informasi yang beredar dilapangan, bahwa rekanan yang mengerjakan proyek PL Dinas Tarukim dan Dinas Lainnya di satu desa itu adalah adik kandung dari pejabat di Sekretariat yang sangat mempunyai wewenang menentukan dan mengatur arahan di dalam Dinas - Dinas yang ada di Kabupaten samosir.

Hal ini saat di konfirmasi wartawan kepada Dinas Tarukim Samosir waktu lalu, sangat disayangkan sekali, pejabat – pejabat yang berkompeten di Dinas ini, seperti Kadis Tarukim, Herbin Tampubolon, Sekretaris Dinas Saut Limbong, dan Kabid bermarga Pasaribu selaku PPTK kegiatan tidak ada di tempat yang kata para staf di kantor itu lagi mengikuti kopi morning di kantor Bupati.

Namun  setelah ditelusuri ke kantor Bupati, kegiatan kopi morning ini sama sekali tidak ada, hal pembohongan ini sebenarnya sudah menjadi biasa alias tradisi para penguasa dan merupakan senjata ampuh untuk menghindar dari konfirmasi dari para juru warta dalam melakukan fungsi kontrol sosial demi kebaikan hasil pembangunan yang menggunakan uang rakyat.

Liputan    Rebin Efendi Malau
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment