Harga Makanan dan Minuman Di Objek Wisata Pemandian Air Panas Samosir Mahal




Samosir Partukkoan
Kabupaten Samosir memiliki 2 (dua) lokasi pemandian air panas, di Kecamatan Pangururan Desa Siogung-ogung dan Desa Simbolon.  Namun pemandian air panas Desa Siogung-Ogung lebih berkembang berada di kelurahan siogung – ogung Kec. Pangururan ± 2 Km dari ibu Kota Kabupaten Samosir. Tempat ini memiliki sumber air panas yang sangat bening mengandung  belerang, yang dapat dipercaya menyembuhkan penyakit kulit dan membuat tubuh lebih segar. Disekitar Hotspring tersedia hotel  untuk membuat pengunjung menikmati keindahan panorama dan kesejukan. Kabupaten Samosir memiliki potensi wisata alam, wisata budaya (peninggalan budaya/situs dan legenda), wisata air/rekreasi/pantai dan wisata rohani/religi. Objek-objek wisata ini menyebar di 9 (sembilan) kecamatan yang terdapat di Kabupaten Samosir. Danau Toba. Pariwisata merupakan komoditas andalan sekaligus komoditas strategis dan primadona di Kabupaten Samosir, hal ini disebabkan karena Kabupaten Samosir memiliki keindahan alam yang luar biasa dan mempunyai peninggalan sejarah/situs dengan keragaman budaya dan seni serta merupakan tanah leluhur/asal-muasal bagi seluruh ethnis Batak se-dunia.
Pulau Samosir yang panjangnya sekitar 45 kilometer dengan lebar sekitar 19 kilometer berada ditengah Danau Toba yang memiliki luas 1.100 kilometer persegi dengan kedalaman 505 meter, ketinggian permukaan air sekitar 905 meter diatas permukaan laut, Danau Toba memanjang 100 kilometer dengan lebar sekitar 30 kilometer. Kondisi letak Pulau Samosir yang berada ditengah Danau Toba ini menjadikan Pulau Samosir menjadi Pulau yang memiliki view yang begitu indah dikelilingi oleh Danau Toba dengan latar jejeran bukit barisan. Pulau Samosir sangat potensial sekali menjadi tempat liburan alam yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, dimana alamnya masih sangat asri dan udaranya begitu sejuk.
            Yang Menjadi polemik dialami para pegunjung lokal maupun non lokal ketidak stabilan harga harga makanan dan minuman yang di buat pemilik warung maupun kedai yang berada dilokasi permandian Air Panas (Hotspring) yang berada di kelurahan Siogung-ogung. Banyak para pengunjung/wisatawan mengeluh akibat tarif harga makanan dan minuman terlalu “Mahal”.   Jangankan para wisatawan yang datang dari luar kabupaten samosir, para pengunjung dari kabupaten samosir saja mengeluh. Di karenakan harga makanan dan minuman yang di buat pemilik warung sangat diluar batas harganya. Hal ini dikatakan Freddy Naibaho warga Pangururan Pecinta Lingkungan Hidup ketika di jumpai di permandian Air Panas, Rabu 19/11.
Kalau mau mandi kekolam memang tidak di pungut biaya masuk, hanya para pengunjung yang mandi disini, setelah selesai mandi para pengunjung harus makan dan minum. Itulah pengganti biaya masuk. Istilahnya pengganti karcis masuk ke areal permandian Air Panas yang mengandung Belerang ini, ungkap Freddy. Namun sangat disayangkan harga makanan dan minuman terlalu mahal. Hal ini agar tak membuat jera dan kaget kepada pengunjung yang datang dari pulau jawa maupun dari daerah lainnya. Lagi pula sifat keramah tamahan, serta kebersihan lingkungan harap bisa dijaga. Itu bisa menunjang rasa kedamaian dan keindahan kepada pengunjung yang datang ke pemandian Air Panas ini.
Pemerintah Kabupaten Samosir agar bisa mengontrol dan memberi pengarahan kepada pemilik Warung dan pengusaha permandian Air Panas yang berada di areal tersebut. Karena tanpa pengunjung yang datang ke Hotspring itu, mustahil Objek wisata yang ada di kabupaten samosir bisa alias“Mati Suri”
Pembuat berita rebin efendi malau
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment