Sulitnya menjadikan Samosir Menjadi Daerah Wisata

Partukkoan - Samosir, Kabupaten Samosir yang telah mekar sejak Tahun 2004 lalu saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan promosi kepariwisataan kepada publik. Namun untuk mewujudkan kepariwisataan tersebut sepertinya akan sangat sulit, mengingat pembangunan infrastruktur di samosir masih minim dan belum maksimal dilakukan. 

Seperti diketahui, infrastruktur merupakan suatu syarat mutlak dalam penyokong peningkatan pariwisata dalam suatu daerah, sebab hal itu merupakan suatu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Ibarat sebuah mobil tanpa mesin, demikian kira-kira istilahnya. 

Bahkan, Dinas Pariwisata Sumatera Utara merasa ragu jika Samosir dapat menjadi daerah pariwisata. Terbukti saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Samosir beberapa waktu lalu di Auala Manihuruk, Pihak Dinas Pariwisata Sumut melalui Mannaria Hutabarat secara gamblang menyebutkan jika samosir akan sangat sulit menjadi daerah wisata. 

"Jangan berharaplah Samosir dapat menjadi daerah pariwisata bila infrastruktur tidak bagus. Karena hal ini akan berdampak kekecewaan kepada tamu atau pengunjung, oleh karena itu segeralah dibenahi dengan baik," ujar Mannaria. 

Menurutnya, infrastruktur harus terlebih dahulu dibenahi. Apalagi, katanya, di Kabupaten Samosir cukup menarik banyaknya wisata alam, budaya dan lainnya. Pengamatan Partukkoan, salah satu infrastruktur yang belum optimal di benahi adalah perbaikan serta pembangunan jalan utama menuju objek-objek wisata. Jalan sebagai akses utama masuk masih pada kondisi yang sangat memprihatinkan. 

Sebut saja salah satunya, jalan jalan menuju Danau Sidihoni di Desa Hutatinggi menuju Jalan Ronggurnihuta, Selain jalannya kupak kapik, Danau tersebut kini sepertinya tidak terurus lagi. 

Selain itu, di wilayah Tomok hingga wilayah lontung dan sekitarnya juga hampir mirip kondisinya. Daerah yang merupakan salah satu andalan wisata di samosir ini juga kurang begitu diperhatikan pembangunan infrastrukturnya.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment