Visit Samosir Year 2015 Acara Gendang Mburo Ate Tedeh Merga Silima Se-Kabupaten Samosir Berjalan Baik




Samosir,Partukkoan.com

Acara Gendang Mburo Ate Tedeh Merga Silima yang dilaksanakan Kamis Malam(26/3)di Open Stage Pangururan Kabupaten Samosir berjalan baik , yang dihibur Artis-artis Karo terkenal  salah satunya Antha Prima Ginting turut memeriahkan jalanya acara .

Acara ini digelar salah bentuk Ujud dukungan dari Warga Masyarakat Karo yang tinggal didaerah ini mendukung Visi dan misi Pemerintah Kabupaten Samosir menuju Visit Samosir Year 2015 Kata Dewan Penasehat  Dr Nimpan Karo-karo Kepada Partukkoan.

Nimpan Karo-karo menjelaskan sebenarnya Bagi warga Masyarakat Batak Karo khususnya  diperantauan perhelatan Gendang Mburo Ate Tedeh Merga Silima acaranya Muda Mudi yang kerab dilaksanakan setiap tahunya dalam mempersatukan suku karo yang ada didaerah itu ,serta mempererat jalinan silaturahim antar sesama .

“acara seperti ini sebenarnya sering dilakukan anak Muda –Mudi  yang ada diperantauan sebagai bentuk ungkapan  kagen sekaligus melepaskan rindu mengingat Kampung halaman  dan acara seperti ini kami harapkan menjadi agenda tahunan ,”tutur Nimpan

Senada Ketua Panitia Elias C.Sinuraya pada kesempatan itu mengucapkan terimaksih sebanyak-banyaknya kepada para pengetua-pengetua Adat daerah itu pada Kususnya Raja Bius Sitolu Hae Horbo(Naibaho ,Sitanggang dan Simbolon)yang telah memberi restunya sekaligus melaksanakan tradisi adat Batak Toba memberikan ulos  sesuai adat daerah itu kepada Lima Marga di Batak Karo yaitu Karo-karo,Ginting ,Tarigan Sembiring dan Peragin angin .

Serta tak lupa dia juga mengucapkan terimakasih kepada para Danatour secara tulus dan iklas member sumbanganya ,sehingga kegiatan Gendang Mburo Ate Merga Silima Se Kabupaten Samosir dapat berjalan dengan baik ,ujarnya.

Sementara itu Sekda Kabupaten Samosir Ir Hatorangan Simarmata pada kata sambutan yang mewakili Muspida Plus  yang didampingi Kapolres Samosir mengatakan,bahwa kegiatan seperti ini perlu didukung semua lapisan masyarakat pada khususnya didaerah ini,dalam mewujudkan samosir menjadi daerah kunjungan wisata.

Disamping itu,perlu kita sadari bahwa Batak Karo Salah satu etnis batak dari enam Puak yang memilikii keterikan yang tidak terlepaskan dalam kehidupan sehari hari,ditambah lagi bahwa daerah kawasan danau toba yang sudah menjadi daerah pogram strategis nasional dalam pengembangan zona Pariwisata di Indonesia.

Jadi dalam mendukung program Pemerintah Pusat tersebut ,kita sudah perlu berbenah diri dalam mengali  dan melestarikan budaya serta tidak lupa bergandeng tangan antara sesame Pemerintah Kabupaten bersama masyarakatnya pada khususnya didaerah Kawasan Danau toba.Ucapnya Hatorangan
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment