Batu Sibursok Mangalandong Dari Samosir

Redaktur Partukkoan Saat berada di lokasi
Batu Sibursok Mangalandong Samosir
Dok : Partukkoan
Partukkoan - Samosir

SAMOSIR - banyak lokasi wisata yang di Samosir memiliki cerita unik dan penuh Misteri. Salah satunya adalah Sibursok Mangalandong. Dikatakan Misteri karena Kisah ini sangat sakral bagi warga sekitar yang ada di wilayah perbatasan antara Desa Panampangan dan Desa Pardugul yang dipisahkan oleh lembah yang curam.

Cerita ini juga sangat ditutupi warga sekitar, sehingga sampai saat ini belum ada kejelasan tentang asal usul atau identitas dari Sibursok. Hal tersebut diketahui saat Partukkoan melakukan ekspedisi di daerah itu. 

Menurut informasi yang ditelusuri partukkoan.com, Sibursok merupakan seorang anak kecil atau "Bocah" yang terjatuh saat di gendong atau dirorot oleh kakaknya atau itonya. 

Sebagaimana diceritakan warga sekitar, SiBursok terjatuh dari atas tebing yang sangat curam dan entah begaimana prosesnya si bursok berubah menjadi batu. namun jika dilihat dengan seksama dari gambar tersebut ada seperti gambar orang tua. 

Menurut investigasi di lapangan, ada sebahagian warga mengatakan bahwa wajah orang tua dari batu tersebut adalah orang tua atau kakek si bursok yang menggendongnya demi menyelamatkan cucunya. Namun karena curamnya daerah tersebut hingga akhirnya mereka terjebak dan berubah menjadi batu.

kisah ini sangat misteri, karena tiada seorangpun warga sekitar yang ditemui partukkoan.com mengetahui marga apa si bursok. seolah-olah warga menutupi identitas si bursok. akan tetapi jika dilihat dari lokasi, tempat itu sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata karena selain si bursok, dilokasi itu juga berdekatan dengan lokasi "Si anggo ihur" yang memiliki nilai historis tidak kalah dengan cerita si bursok.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment