Dalama Rangka Memeriahkan "HPN"disamosir

Agustin Sitanggang, juara I mengayam dari Enceng
Gondok Tingkat SLTP Se Kabupaten Samosir
Partukkoan.Com - Samosir 

Dalam Rangka memeriahkan, Hari Pendidikan Nasional disamosir melalui Dinas Pendidikan setempat, Gelar Lomba mengayam tingkat pelajar SLTP sederajat disamosir Kamis (30/4) yang bertempat dilokasi SMA Negeri Satu Pangururan, dengan bahan baku Enceng Gondok (gulma) menjadi sebuah Tas. 

Agustin Sitanggang (14) Siswa Kelas II SLTP Negeri 3 Pangururan, akhirnya berhasil membuat sebuah Tas dengan waktu kurang lebih selama 3 jam lamanya dengan mengungguli para saingannya dari Tingkat sekolah SLTP sederajat didaerah itu. Pantauan Partukkoan dilapangan saat itu, bahwa Perjuangan Agustin sitanggang sangat extra ketat dengan para lawanya dari para anak didik utusan sekolah SLTP didaerah itu, dengan juri dari Ibu-ibu PKK Kabupaten Samosir memutuskan bahwa Agustin sitanggang binaan dari Andoro Gurning salah seorang pejuang Lingkungan hidup dikawasan perairan Danau Toba berhasil unggul dengan beberapa kategori penilaian yaitu, kerapian, waktu tercepat dan sebagainya.

Penuturan Agustin Sitanggang kepada Partukkoan.com, dirinya menjelaskan bahwa selama satu tahun dia telah dibina dan diajari cara mengayam yang berbahan baku Eceng Gondok (Gulma) yang banyak dijumpai diperairan kawasan Danau Toba. 

"Eceng gondok (Gulma) tersebut kami ambil bersama tulang saya Andoro Gurning, setelah proses lebih kurang satu minggu pengeringan dijemur diterik matahari baru kami olah dengan mengayam beberapa jenis barang keperluan rumah tangga. contohnya berbagai jenis barang seperti Tas, tikar, bahkan jenis sejadah untuk dipakai saudara kita umat muslim pada saat sholat, dan berbagai jenis barang lainya. Kata Agustin.

Namun lanjutnya, semuanya masih tetap dibawah Pengawasan Pamannya sendiri yang bernama Andoro Gurning. "Selama satu tahun lamanya saya belajar mengayam disini, Dan saya pun memiliki cita-cita kelak menjadi penegak hukum atau polisi". ujar Agustin tersipu. 

Sementara itu, Andoro Gurning Penggiat dan pecinta lingkungan dikawasan Danau Toba yang dikenal tidak pernah lelah dan jenuh melakukan pembersihan enceng gondok diseputaran ancol pangururan setiap harinya, tanpa lelah dan sedikit bicara membenarkan bahwa dirinya merasa bertanggung jawab untuk mendidik para generasi muda mencintai lingkungan didaerahnya. khususnya tingkat pelajar sebagai generasi penerus dalam memberi pembelajaran. 

"Perlunya mencintai lingkungan sekitar, selain upaya pembersihan diperairan kawasan danau toba tanggung jawab moral dari para generasi muda kita perlu diajari cara pengelolaan manfaat enceng gondok (gulma) selain menjadi kompos untuk tanaman, dapat juga kerajinan tangan untuk menambah penghasilan buat keluarga, asal dikerjakan dengan profesional dan tekun" Ucap gurning. 

Dilanjutkannya, pendapatan tersebut saat ini dapat berupa pesanan. "Contohnya, saat ini saya mendapat pesanan alat Sholat (sejadah) buat teman-teman orang muslim dan pada bulan july mendatang sekitar 100 buah tas sudah ada pesanan dari para pengurus gereja oleh para bersama Praeses Distrik Pangururan". pungkasnya.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment