Disamosir Masih Ada Honorer Abadi, Pemerintah perlu Lakukan Kebijakan

Marandus Sang Honorer Abadi,/ dok: Partukkoan
Pangururan, Partukkoan.com

Siapapun orang didaerah Samosir mungkin sudah mengenal pria ini. Namanya, Marandus Sitanggang (45) warga Desa Sitolu Huta Siriaon Buhit kecamatan Pangururan dan bekerja sebagai Tenaga Honor Daerah (Bagian Umum) Skretariat Kabupaten Samosir, dengan keseharian sederhana penuh semangat bekerja, puluhan tahun melakukan pengabdian, dari honorer Toba Samosir-hingga pemekaran menjadi kabupaten Samosir, sampai kini belum pernah ada berita pengangkatan sebagai Calon PNS bagi dirinya. hal ini perlu perhatian serius dari pemerintah daerah setempat dalam melakukan kebijakannya terkait masalah tersebut.

Kalau kita coba telusuri riwayat pengabdianya walaupun telah bekerja puluhan tahun lalu (sebagai tenaga Honor Daerah-red) yaitu dari daerah Kabupaten Tobasa hingga daerah Samosir telah sebelas (11) tahun mekar menjadi Kabupaten, nama Marandus sitanggang belum pernah terdaftar dalam kategori calon pegawai yang diangkat  sebagai CPNS, baik kategori 1 maupun 2, sebagaimana yang dialami para teman-teman sejawatnya (honorer). Uniknya banyak rekan yang masih jauh dibawa pengabdianya sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil. Akibatnya, acap kali bahasa warga terlontar dengan ceplos, "Hononer Abadi" panggilan buat Marandus sitanggang.

Marandus Sitanggang (45), ketika dicoba disambangi Partukkoan.com, Jumat (1/5) dipangururan, dirinya mengaku dan telah bekerja sebagai tenaga honorer puluhan tahun lalu mulai kabupaten Tobasa hingga daerah samosir resmi menjadi daerah kabupaten seperti sekarang ini.

"saya bekerja telah puluhan tahun lalu menjadi honor daerah, mulai daerah ini masih wilayah pemerintah kabupaten Tobasa (sebagai kabupaten induk) hingga sampai daerah ini pemekaran menjadi Kabupaten Samosir, tanda-tanda pengangkatan atau didaftar di BKD menjadi Pegawai Negeri Sipil yang diusulkan BKN tak kunjung ada, On Ma Nasib Haroa abang, Aha Laho Do Honon (Inilah Nasip bang, apalah yang dapat saya perbuat) "rilih Marandus

Ditempat yang sama salah seorang Pegawai Negeri Sipil yang berinisial HS, mengakui dan membenarkan bahwa Marandus Sitanggang sudah puluhan tahun bekerja sebagai Tenaga honor daerah. "namun hingga kini kita lihat pengangkatan terhadap saudara Marandus belum juga terendus, ujarnya.

Menurut HS, dari sisi kemanusiaan, Marandus sudah sepatutnya diangkat menjadi  CPNS. "saya rasa secara kemanusian, Marandus sudahlah wajar diangkat menjadi PNS dengan golongan paling rendah sebagai penghargaan. Dana saya yakin, tidak akan mungkin ada Orang yang keberatan melihat pengabdianya, dan ini perlu ada kebijakan dari para pihak yang berkompeten" imbuh HS

Tombor  Simbolon kepala BKD Kabupaten Samosir saat dikonfirmasi melalui selulernya mengaku kurang mengenal Marandus. "Dibagian mana dia Honor" tanya Tombor kepada Partukkoan.

Namun saat partukkoan menjelaskan kisah Honorer tersebut, justru, Kepala BKD Samosir Tombor Simbolon berdalih hari libur. "Ini kan hari libur jadi hari seninlah datang ke kantor. ucapnya singkat lalu telepon gengamnya ditutup.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment