KPUD Samosir Gelar Sosialisasi Pertama Pemutakhiran Data Pemilih Terhadap Aparatur Desa

Drs. Mangihut Sinaga memberikan pemaparan kepada seluruh peserta sosialisasi yang diikuti Kepdes, Sekdes, dan Bendahara Desa Se-Kecamatan Pangururan tentang tanggung jawab pemerintah daerah dalam mensukseskan Pilkada Samosir 2015.


Partukkoan - Samosir

Dalam rangka mensukseskan proses pemilihan kepala daerah periode 2015-2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir gelar sosialisasi pertama langkah-langkah pemutakhiran data pemilih terhadap aparatur pemerintah  Desa Se-Kecamatan Pangururan, Kamis (18/6) di Hotel Saulina Resort.

Pemerintah Kabupaten Samosir yang diwakili Sekretaris Daerah Ir. Hatorangan Simarmata dalam arahannya menyampaikan, bahwa sampai saat ini masyarakat samosir belum memiliki administrasi yang tertib tentang kependudukan. Banyak penduduk yang tidak peduli mengurus administrasi kependudukan. Untuk itu diharapkan kepada pemerintah desa agar memperhatikan hal itu. Karena yang membutuhkan data kependudukan itu bukan masyarakat, tetapi pemerintah.

Hatorangan juga menegaskan kepada seluruh kepala Desa yang hadir, bahwa masyarakat berhak memiliki KTP, dan itu bukan tanggung jawab masyarakat, melainkan kewajiban dari pemerintah desa untuk melakukan pendataan. "Diharapkan melalui pemerintah Desa, mampu mendorong masyarakat agar semakin mencintai pemimpinnya kedepan. Dan aparatur Desa dapat menjalankan tugas dengan baik, demi suksesnya Pilkada samosir tahun 2015". Kata Hatorangan

Ketua KPU Sumut Mulia Banuarea, S.Ag membuka acara sosialisasi secara resmi. Mulia menyampaikan, bahwa salah satu kunci sukses pilkada adalah akurasi daftar pemilih. Dirinya juga mengucapkan terimakasih atas apresiasi pemerintah kabupaten terhadap pelaksanaan sosilisasi yang berlangsung.

Ketua KPU juga mengatakan, langkah-langkah terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berkualitas, harus sesuai fakta dilapangan, dan itu merupakan salah satu kunci suksesnya pilkada Samosir 2015. "Terkait  akurasi data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) akan disampaikan kepada Kemendagri.  Kementrian Dalam Negeri kemudian akan menyerahkan ke KPU Pusat. Dan pada tanggal  26 Juni, KPU RI  akan menyerahkannya  ke KPU Kab/Kota. Berdasarkan itulah KPU menunjuk Petugas Pemutakhitran Data Pemilih (PPDP)" Jelas Mulia

Ketua KPU Provsu berharap, petugas PPDP yang nantinya mendatangi masyarakat pintu ke pintu, agar kiranya masyarakat memberikan data yang akurat demi kesuksesan pilkada. Dimana data dari PPDP nantinya, akan disampaikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan PPS  akan meyerahkan kembali ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  yang nantinya akan mengundang pasangan calon untuk melakukan pleno penghitungan suara.

Sementara itu, Drs. Mangihut Sinaga yang turut hadir sebagai pembicara dari pemerintah daerah terkait  pelaksanaan Pilkada menjelaskan, sesuai UU No.15 tahun 2011 tentang penyelenggara pemilu, bahwa Pemerintah berkewajiban melaksanakan soasialisasi terkait pilkada samosir, dan membantu dalam proses pendistribusian logistik serta kepala Desa bertanggung jawab dalam ke akuratan data pemilih di Desa masing-masing, untuk kesuksesan Pilkada Samosir.

Hadir dalam kegiatan Sekdakab. Samosir Ir. Hatorangan Simarmata, Asisten Pemerintahan Drs. Mangihut Sinaga, Ketua KPU Provsu Mulia Banuarea, S.Ag, Ketua KPU Samosir Suhadi Situmorang, SH, MH, Anggota KPU Samosir Fernando Sitanggang, SH, MH, Jonsen Situmorang, A.Md, Ika Rolina Samosir, SP,  Juneidi Barus, SH, Sekretaris Camat Pangururan Rohabinsar Sitanggang, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa Se-Kecamatan Pangururan.








loading...
Share on Google Plus

Tentang Helbos 156

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment