Nasdem Tolak Kelanjutan Anggaran Dana Aspirasi

Partukkoan - Nasional

Penerapan Program Aspirasi Pembangunan Daerah Pemilihan (PAPDP) dinilai berpeluang menimbulkan penyelewengan penggunaan anggaran. Dalam hal melaksanakan fungsi anggaran, Fraksi Partai Nasdem tidak perlu orang-perorangan mengusulkan dan memiliki bujet tersendiri, uang menimbulkan kerancuan anggaran. Demikian dikatakan Wakil Sekretaris Fraksi Partai Nasdem di DPR, Supiadin AS, dalam konferensi pers di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

Untuk itu, Fraksi Partai Nasdem di DPR memutuskan menolak kelanjutan penganggaran dana aspirasi dalam Program Aspirasi Pembangunan Daerah Pemilihan karena menganggapnya tidak berdasar. PAPDP, menurutnya, tidak sejalan dengan prinsip keadilan dan pemerataan karena ada perbedaan signifikan jumlah anggota dewan dalam setiap fraksi di DPR.  

Selain itu, dikatakannya, pelaksanaan program tersebut bisa menimbulkan kesenjangan antara daerah-daerah yang memiliki banyak wakil di dewan dan daerah yang hanya memiliki sedikit wakil di dewan.  "Misalnya, daerah Pulau Jawa dengan luar Jawa. 

Oleh karena itu kebijakan ini tidak sejalan dengan prinsip pemerataan pembangunan wilayah dan kawasan yang adil dan merata," ujarnya.  

Supiadin menyebut adanya penafsiran yang salah terhadap Pasal 78 Undang-Undang No.17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) mengenai sumpah/janji yang antara lain meliputi janji untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara.  

Dia juga menyebut adanya penafsiran yang salah terhadap Pasal 80 huruf J undang-undang itu yang menyatakan bahwa anggota DPR berhak mengusulkan dan memperjuangkan program pembangunan daerah pemilihan.  

Ketua Badan Anggaran DPR Ahmadi Noor Supit dan Ketua DPR Setya Novanto sebelumnya mengatakan pagu anggaran untuk menjalankan program tersebut Rp20 miliar per anggota DPR atau total Rp11,2 triliun dan akan diusahakan masuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.  (Ant)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment