Pelabuhan Onan Baru Pangururan Bagai Tong Sampah

Perairan Dermaga Pelabuhan Onan Baru Pangururan dipenuhi tumpukan sampah plastik dan Eceng Gondok.


Samosir, Partukkoan.com
Penuntasan masalah sampah di Samosir hingga kini belum juga terjawab. Bahkan Dermaga Pelabuhan Onan Baru Pangururan didepan Kantor Dinas Perhubungan Kab. Samosir terlihat bagaikan Tong sampah. Banyak sampah bertabur diperairan Dermaga Onan Baru Pangururan yang mencemari Danau dan dibiarkan begitu saja. Tumpukan sampah Plastik dan Eceng Gondok telah menutupi dasar dan tepi Danau.

Mantan anggota Yayasan Perhimpunan Pecinta Danau Toba (YPPDT) yang juga pensiunan PNS dari Kabupaten Simalungun, J. Simbolon (68) yang sedang mengamati Dermaga, kepada Partukkoan, Minggu (21/6) mengatakan, dirinya sangat sedih melihat perairan Dermaga pelabuhan Onan Baru yang dipenuhi tumpukan sampah itu.

"Samosir yang dikaruniai Danau terbesar yaitu Danau Toba, dan memiliki Sapta  pesona yang luar biasa, hingga menjadi daerah kunjungan parawisatawan. Semestinya harus dijaga dan ditata dengan baik. Kata Simbolon

Air Danau Toba katanya sebagai sumber air minum sebagian besar penduduk Samosir, harus dilestarikan demi generasi mendatang. Sudah sepatutnya pemerintah memberikan perhatian khusus untuk Danau Toba, agar tetap terjaga dari berbagai bentuk pencemaran.

J. Simbolon menambahkan, jika perlu pemerintah membuat peraturan. Barang siapa yang membuang sampah sembarangan, apalagi ke Danau Toba, diberi sanksi. Demikian juga limbah masyarakat, agar tidak sampai ke Danau Toba.

Disinggung mengenai limbah para pemilik Kapal motor, J. Simbolon juga berharap, kiranya pemerintah menghimbau para pemilik Kapal motor, agar membuat penampungan limbah toilet yang dapat diangkut. Sehingga limbahnya tidak langsung ke Danau. Hal itu demi menjaga Danau Toba tetap bersih dan tidak menimbulkan dampak terhadap lingkungan.

Penuturan Aldi. Sitohang (28) warga Onan Baru yang sedang memancing ikan di Dermaga, didasar Dermaga sudah banyak sampah. Mata pancingnya sering tersangkut didasar dan mengangkat sampah plastik.
Hal itu menandakan bahwa didasar Danau telah bertumpuk sampah. Dan kini air Danau Toba sekitar Dermaga keruh.


Dermaga Pelabuhan Onan Baru Pangururan operasionalnya diresmikan Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon, MM pada tanggal 29 September 2006.

Dermaga Pelabuhan Onan Baru Pangururan didepan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir, luput dari perhatian pemerintah. Sampah bertumpuk, namun sepertinya dibiarkan begitu saja.

Seperti dikatakan J. Simbolon, ada program Jumat bersih, namun sepertinya tidak dilaksanakan.  Terkhusus Dinas perhubungan yang Kantornya tepat didepan Dermaga.


Kapal Motor Samosir Cruise tenggelam di Dermaga Pelabuhan Onan Baru Pangururan.

J. Simbolon miris melihat Kapal motor Samosir Cruise milik Pemkab. Samosir yang rencananya akan dilelangkan, dibiarkan tenggelam di Dermaga. (Baca : Kapal Samosir Cruise akan dilelang

Menurutnya, jika itu dipelihara dan diperhatikan, tidak mungkin sampai tenggelam. Padahal Kapal itu merupakan aset berharga bagi Samosir.

loading...
Share on Google Plus

Tentang Helbos 156

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment