Berpotensi Gempa Dan Tsunami, Warga Mentawai Siap Siaga


Partukkoan - Jakarta

Berdasarkan perkiraan yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait potensi Gempa berkekuatan 9 Skala Richter Dan Tsunami di Mentawai di bagian barat pulau Sumatera dan Pulau Panaitan di utara Ujung Kulon, Jawa Barat. membuat warga mentawai siap siaga.

Menurut informasi, beberapa desa dan daerah yang rawan gempa di Mentawai telah mendirikan pondok-pondok pengungsian di atas bukit. Sebelumnya belajar dari kejadian gempa tsunami yang terjadi di aceh 2004 silam, warga mentawai telah mendirikan pondo-pondok tersebut.

Beberapa waktu lalu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan adanya energi yang masih terkunci di mentawai. "Masih terkunci energinya di Mentawai. Dari hasil riset, masih ada energi yang tersandera maksimum 9 SR," ungkapnya.

Jika energi ini lepas, BNPB memperkirakan gempa tersebut akan langsung disusul dengan tsunami. Waktu antara gempa dan tsunami adalah lima menit. Tsunami tersebut akan mencapai pantai bagian barat Mentawai, menurut analisa, dalam rentang waktu 25 hingga 35 menit. 

Itu berarti, waktu yang dibutuhkan warga menyelamatkan diri hanya sekitar 30 menit. Sehingga upaya penyelamatan kata Sutopo akan sulit dilakukan mengingat perangkat peringatan dini tsunami sudah banyak yang tidak berfungsi.

Selain Mentawai, energi besar potensi gempa 8 hingga 8,2 SR yang disertai tsunami juga tersimpan di Pulau Panaitan, Selat Sunda.

Untuk wilayah pulau Jawa, Sutopo mengatakan energi yang sudah lepas baru di selatan Pangandaran dan selatan Banyuwangi. Sementara itu untuk pulau Sumatera, Aceh telah melepas energinya sebesar 9,3 SR dan Nias sebesar 8,5 SR. Selain keduanya, Lampung dan Bengkulu juga sudah melepas energinya. 

Meski demikian, lepasnya energi di wilayah-wilayah tersebut, tidak berarti gempa besar tidak akan terjadi lagi.

"Pelepasan energi tersebut merupakan sebuah pertanda terjadinya siklus dalam jangka waktu tertentu untuk sebuah lempeng maupun patahan mengalami puncak aktivitasnya," kata Sutopo.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment