Cucu Memperpanjang Umur Kakek Dan Nenek

Kakek berpose ria bersama cucu-cucnya
Partukkoan - Samosir

Hubungan Ompung (Bahasa keren orang batak) terhadap cucunya memang sangat dekat, bahkan hubungan ini melebihi hubungan antara orang tua dan anaknya. Kakek sebagaimana kita ketahui jika berada dihadapan cucunya akan menunjukkan kasih saying yang luar biasa.

Tak kala cucunya dimarahi sang ayah, maka dipastikan kakeknya akan menjadi “lawan” pertama ayah dari cucunya tersebut. Lawan dalam hal ini bukanlah sebuah permusuhan, namun seorang anak akan menggunakan kakeknya sebagi pelindung utama baginya.

Lalu pertanyaan yang seringkali timbul dibenak kita, mengapa umunya seorang kakek begitu menyayangi cucunya?. Berbagai pendapat yang dihimpun media ini menyebutkan, seperti W. Sitanggang warga jungak samosir mengakui kecintaan seorang kakek pada cucunya adalah karena mereka menganggap malaikat kecil tersebut merupakan generasi imut yang bakalan menjadi lebih hebat dan besar dari sang ayah atau anaknya.

Akan tetapi katanya, kasih sayang yang mereka miliki sebenarnya ingin tetap dicurahkan kepada anak anaknya, namun karena anaknya kini telah bersuami atau beristri, tentunya tidak mungkin kasih tersebut dilakukan seperti mengasihi para anak-anaknya semasa kecil dulu.

“Dang Mungkin be, bapana manang omakna diompa-ompa, pasti do antong pahompu hi diompa jala dihaholongi. Ai anggo bapana kan nunga adong be halletna mangurus. (tidak mungkin bapaknya digendong atau disayang-sayangi lagi, karena bapaknya kan sudah ada yang ngurus-red)” Katenya tersenyum kepada Partukkoan di Kedai Partukkoan Simpang Empat.

Dilihat dari sisi kesehatan, ternyata Hubungan Erat dan Kasih yang diberikan Kakek atau Nenek kepada cucunya berdampak positif bagi mereka. Bagi Kakek, Nenek dan Cucu ketika sudah bertumbuh dewasa akan sangat kecil memiliki potensi untuk terkena depresi. Sara Moorman, profesor sosiologi di Boston College mengungkapkan, hubungan antara anggota keluarga meningkatkan tingkat harapan hidup, selain menjaga kesehatan mental, kedekatan emosional  ini akan membuat kakek-nenek merasa berharga.

Itulah kadang yang membuat orang batak khusunya ketika seorang cucu terlahir ke dunia ini, para lanjut usia ini akan sangat senang dan bahagia. Bahkan banyak kalangan orang batak menilai bahwa cucu akan memberikan umur yang panjang bagi para ompungnya. “Halakon nama paganjang hon umurhu” kalimat yang sering terucap dari kakek ketika disinggung tentang cucunya.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment