Enceng Gondok Hiasi Danau Toba, Kapal Sering Tersangkut

Enceng Gondok di perairan Danau Toba di Dekat
Rumah Dinas Bupati
Partukkoan - Samosir

Enceng gondok kembali berulah diperairan danau toba. Banyaknya enceng gondok yang tumbuh subur diperairan Danau Toba membuat para nelayan dan kapal pengangkut penumpang menjadi kesal karena telah menghambat kelancaran transportasi kapal pengangkutan yang mereka lakoni selama ini.

Sebagaimana pengamatan Partukkoan dilapangan, eceng gondok yang tumbuh subur di "Teruzan Tano Ponggol" membuat kapal motor yang datang dari Desa Hasinggahan, Desa Bahal dan Desa Bonan Dolok Kecamatan Sianjur Mula Mula akhirnya harus menggunakan galah untuk menyisihkan tumpukan enceng gondok tersebut agar kapal mereka dapat melintas. 

Alfon Sinurat Warga Bonan Dolok kepada partukkoan menuturkan, akibat enceng gondok yang tumbuh subur itu, membuat dirinya mengalami kesulitan dalam mencari nafkah, pasalnya kapal motor yang digunakannya sering tersangkut saat mengantarkan hasil pertanian dari tiga desa menuju onan baru pangururan pada hari Rabu.

"Hari Rabu kan hari onan, jadi disitu kami mengumpulkan semua hasil tanam-tanaman dari tiga desa selama satu minggu untuk dijual. Tapi kadang kami sering terkendala karena gulma (enceng gondok) tersebut" ungkapnya. 

Sama seperti Terusan Tano Ponggol, enceng gondok juga banyak mengitari perairan danau toba disekitar Ancol tepatnya didepan rumah dinas bupati. Sementara sesuai pengamatan Partukkoan, Ancol merupakan salah satu lokasi yang diminati warga untuk bersantai ria ataupun sekedar refreshing. Selain itu, MCK yang disediakan di tempat itu sepertinya sudah sangat memprihatinkan, mengingat baunya sangat menusuk hidung akibat aroma tak sedap yang dikeluarkan.

Untuk itu, warga sekitar berharap Pemerintah Kabupaten Samosir memberikan perhatian serius terkait hal itu, demi mewujudkan kabupaten samosir sebagai Kabupaten Pariwisata.

Oleh : Rebin Malau
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment