GP Ansor Minta Pembakaran Mushola di Tolikara Papua Diusut Tuntas



Partukkoan - Jakarta

Aksi pembakaran Mushola yang terjadi di Papua jumat pagi mendapat kecaman dari berbagai pihak, termasuk Gerakan Pemuda Ansor. Ketua GP Ansor Nusron Wahid sebagaimana dikutip dari Antara mengecam keras aksi tersebut. 

"Kebebasan beragama dan menjalankan ibadah dijamin oleh konstitusi negara ini. Siapapun dan atas nama apapun tidak boleh ada yang mengganggu, apalagi sampai membakar tempat ibadah," kata Nusron Wahid, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat.

Dalam kejadia  itu, Selain mushola beberapa kios dan rumah warga juga ikut dibakar oleh pelaku tak bertanggung jawab itu. "Polisi harus mengusut tuntas aksi tersebut agar tidak melebar ke konflik dan kerusuhan yang mengatasnamakan agama," kata Nusron.

Diberitakan sebelumnya, sekelompok orang tak bertanggung jawab melakukan pembakaran mushola di Tolikara saat jamaah di dalamnya bersiap Sholat Idul Fitri. Akibatnya warga yang yang hendak melakukan shalat ied di Lapangan Koramil Tolikara terpaksa membubarkan diri karena takut menjadi sasaran amuk massa.

Walaupun peristiwa itu tidak memakan korban jiwa maupun korban luka, tetapi sangat nyata tindakan itu melukai kehidupan umat beragama. Untuk itu kata Nusron, meskipun kondisinya saat ini sudah kondusif, tetapi aparat keamanan harus mengusut pelaku untuk mempertanggungjawabkannya dihadapan hukum.

"Jangan sampai ini meluas menjadi konflik agama. Hukum harus ditegakkan, dan negara wajib menjamin warganya dalam menjalankan ibadah," ujar dia.

Menurutnya, kejadian ini merupakan pembelajaran bagi Bangsa Indonesia, bahwa tidak ada tirani minoritas dan diktator mayoritas. Yang mayoritas, kata dia, tidak boleh semena-mena.

"Harus ada empati. Yang di basis Islam mayoritas muslim tidak boleh sewenang-wenang, juga non muslim yang mayoritas di basisnya jangan semena-mena," katanya. 
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment