Gus Irawan Pasaribu Hadiri Peresmian Monumen Ompu Saribu Raja

Gus Irawan Saat Menandatangani Prasasti Monumen Ompu Saribu Raja Di Sianjur Mula Mula

Partukkoan - Samosir 

Peresmian Monumen Ompu Saribu Raja di Batu Hobon Kecamatan Sianjur Mula Mula Samosir Kamis (30/7) berlangsung hikmad dan lancar. 

Peresmian Monumen tersebut dihadiri Gus Irawan sekaligus melakukan pengguntingan pita yang didampingi Calon Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Ketua Panitia Ualu Pasaribu serta rombongan dari Pemerintah Kabupaten Samosir. 

Gus Irawan mengatakan Peresmian Monumen Ompu Saribu Raja yang dihadiri seluruh keturunan Saribu Raja baik anak, boru, bere dan ibebere di seluruh Dunia itu untuk mengingat pentingnya Budaya Batak sekaligus mengenang kembali leluhur Nenek moyang. "Hal ini dapat diartikan betapa pentingnya Budaya Batak bagi kita dan kembali mengenang leluhur nenek moyang" Papar Gus Irawan 

Sejarah Singkat Saribu Raja 

Raja Batak mempunyai tiga Putra, yakni Guru Tatea Bulan, Toga Sumba dan Toga Laut. Guru Tatea Bulan mempunyai istri "Sibaso Borning" dan memiliki keturuan lima putra dan lima putri. Diantaranya adalah Raja Biak Biak (Raja Uti), Tuan Saribu Raja, Limbong Mulana, Sagala Raja, dan putra kelima Silau Raja. 

Sementara Putrinya masing-masing adalah Siboru Biding Laut, Siboru Pareme, Siboru Pungga Haomasan, Siboru Pitta Haomasan dan Nan Tinjo. 

Tuan Saribu Raja pada jamannya dikenal sangat sakti, kelahirannya kala itu diharapkan sebagai anak yang bisa menjadi penerus Tahta kerajaan ditanah Batak. Menurut cerita, Tuan Saribu Raja pada masa itu mampu menyegarkan kembali sesuatu yang busuk, bahkan dapat menghidupkan orang mati. 

Tuan Saribu Raja juga dikenal memiliki banyak pusaka yang terkenal diantaranya, Pedang Solam Debata, Tumbago Holing, Surat Agong, Emas Satu Guriguri, Cincin Sipajadi Jadi, Batu Martoha dan masih banyak lagi.

Oleh : Rebin Malau
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment