LIPI Dan Pemkab Samosir Canangkan Technopark

Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon
Bersama Kepala LIPI saat melakukan
Penanaman Pohon Di Harian
Partukkoan - Samosir

Pemerintah Kabupaten Samosir bersama LIPI canangkan kegiatan Technopark di Kecamatan Harian tepatnya di Balai Benih Ikan Desa Janji Martahan Selasa (30/06/2015).

Kegiatan itu dihadiri Bupati Samosir, Ir. Mangindar Simbolon serta Kepala LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain, Kepala Bappeda, Kadis Kesehatan Jonny Sigalingging, Kadis Pendidikan Drs Marulak Malau, Kepala BPBD Jaingot Banjarnahor dan Kadis Kehutanan. 

Selain  itu turut juga mendampingi Camat Harian Konrad Simbolon spd, Kadis DP3 Kabupaten Samosir, Kepala Desa Janji Martahan P. Pasaribu, Ketua BPD Janji Martahan Ojak Pasaribu dan Kepala UPTD BBI Kec Harian Ronny Sitanggang

Dalam kesempatan itu disebukan bahwa Pemerintah Daerah Samosir telah membuat kesepahaman dengan Balai Pengembangan Instrumentasi - LIPI pada thun 2013 dimana BBI Kabupaten Samosir juga telah mengundang Pusat Penelitian Limnologi LIPI pada tahun 2014 yanh lalu untuk membantu meningkatkan Kinerja BBI.

Tujuan pelaksanaan pembangunan Technopark tersebut adalah untuk mengembangkan potensi sumberdaya air/perikanan yang berwawasan lingkungan demi mendukung Visi dan Misi Kabupaten Samosir menjadi wisata lingkungan yang Inovatif.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan Reproduksi Perikanan dengan menyediakan sumber Energi listrik yang murah serta ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan Energi listrik serta penyedia air baku di balai benih ikan" Kata Zulkarnain

Dalam paparanya, Technopark merupakan Pusat penerapan teknologi di bidang pertanian, peternakan dan perikanan yg telah dikaji oleh lembaga penelitian. Pusat Penelitian Limnologi-LIPI dengan pemkab samosir bersama-sama mengembangkan Technopark yang berbasis pada pengelolaan perairan dan sumberdaya perikanan di balai benih ikan. 

Pencanangan Technopark ini untuk peningkatan Produktivitas pembenihan ikan serta pembesaran ikan.

Selain pencanangan Technopark, Bupati samosir Ir Mangindar Simbolon dan kepala LIPI Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain menyempatkan diri menanam pohon mahoni di lokasi kantor BBI dan Menabur bibit ikan ke kolam ikan yang ada di BBI tersebut didampingi kepala UPTD Balai Benih Ikan Kecamatan Harian Ronny Sitanggang.

Oleh : Baktiar Pasaribu
Editor : Dedi Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment