Pemkab Taput Adakan Vaksinasi Ternak Unggas

Ilustrasi
Partukkoan - Taput

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui Dinas Perikanan Dan Peternakan mengadakan vaksinasi terhadap ternak sejenis unggas sebagai bentuk antisipasi penyebaran wabah tetelo.

Longgos Pandiangan, Kadis Perikanan dan Peternakan menyebutkan unggas akan rentan terserang penyakit karena keberadaan cuaca belakangan ini. "Dalam istilah bahasa disini, penyakit tetelo disebut peok dan dipengaruhi oleh situasi cuaca" katanya Selasa (07/07/2015).

Dijelaskan, unggas tidak tahan terhadap perubahan iklim dan cuaca, untuk itu pemilik ternak harus menjaga kebersihan kandang, menyemprot desinfektan dan bila perlu melakukan vaksinasi ternak.

“Penyemprotan desinfektan serta melakukan vaksinasi kepada unggas seperti ayam, bebek yang selamat dari wabah, harus segera dilakukan. Sebab, hal tersebut akan meningkatkan imun ternak sehingga kebal terhadap virus tetelo tersebut,” terangnya.

Kata Longgos, jika ternak unggas terserang dan mati. Maka, pengantisipasian penyebaran wabah harus dilakukan dengan pembersihan lokasi serta melakukan penyemprotan minimal 3 kali seminggu agar virus tersebut mati. (Ant)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment