Samosir Diguyur Hujan, Petani Mulai Bergairah

Partukkoan – Samosir

Musim kemarau beberapa hari terakhir yang melanda samosir kini mendapat curahan hujan. Walau volume hujan yang turun tidak begitu besar namun selama seminggu pengamatan partukkoan melihat hujan yang turun sepertinya cukup sering terjadi “hinggap” di Pulau Kepingan Surga ini.

Hal itu tentunya membuat para petani di samosir bergairah kembali untuk menggeluti lakon sebelumnya yang pernah digeluti mereka. Bercocok tanam dan mulai memilih bibit yang cocok untuk ditanam serta mengais kebun yang sempat ditinggalkan akibat kemarau yang melanda hampir sebulan penuh di samosir.

Marsinta Sitanggang, salah seorang petani di Samosir kepada partukkoan (07/07) di Lumban Pinggol mengaku gembira melihat cuaca yang mulai bersahabat. Dirinya juga berharap agar hujan tetap turun walau tidak terlalu lama, karena menurutnya jika hujan datang dengan debit yang besar, tanam-tanaman juga pasti akan rusak.

“Ini kesempatan untuk kembali bercocok tanam, dan hujan yang turun pun sepertinya sangat cocok pada situasi tanaman, kalau hujan deras, terjadi genangan air yang menutupi tanaman, pasti tanaman juga ikut rusak” ucap pria tua namun masih semangat itu kepada awak media ini.

Mantan penjahit ini juga yakin bahwa, Tuhan pasti akan memberikan keinginan bagi petani jika petani memang sunguh-sunguh dan penuh keyakinan dalam melaksanakan pekerjaannya. “Tuhan itu baik, pasti akan dikabulkan jika percaya. Ni kan nunga tarsurat (itu kan sudah tertulis)” Katanya seyum penuh yakin.

Belum lama ini, Kabupaten Samosir mengalami musim kemarau hampir lebih kuran sebulan lamanya, kekeringan lahan pertanian terjadi, bahkan rumput dilapangan hijau berubah menjadi kuning.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment