Syamsul Arifin Doakan Gatot Tetap Tabah Dan Kuat Mental

Syamsul Arifin
Partukkoan - Jakarta

Gubsu dan Istrinya yang ditetapkan sebagai tersangka ternyata membuat mantan Gubernur Sumut Syamsul Arifin. Dirinya mengaku prihatin dan mendoakan bekas wakilnya itu agar tabah dan kuat mental.

"Saya prihatinlah, kasihan, semoga dia (Gatot) siap mentalnya sebagai anak muda... (Harapan saya) Mas Gatot kuat, tabah, mudah-mudahan Allah memberi jalan," ucap Syamsul di Balai Prajurit Makodam I Bukit Barisan, Medan Kamis (30/7).

Syamsul dan Gatot merupakan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut periode 2008-2013 Pada tahun 2010, akan tetapi karena Syamsul kemudian digantikan Gatot karena tersandunh kasus korupsi APBD Kabupaten Langkat ketika menjabat sebagai bupati dan ditahan KPK pada 22 Oktober 2010 silam.

Syamsul yang baru-baru ini sudah keluar mengaku sudah mendengar tudingan-tudingan miring tentang Gatot.

"Tapi saya tidak yakin Mas Gatot melakukan itu. Karena dia kan tahu agama. Kalau saya ini kan ayat-ayat itu kurang saya," katanya. Menurutnya, yang dihadapi Gatot merupakan risiko jabatan. Mengenai salah atau tidak, hanya Gatot yang tahu.

"Yang tahu dia salah atau tidak, bukan hakim bukan KPK, bukan jaksa bukan polisi. (Tapi) Hati kita. Ada nggak kita lakukan yang dituduhkan itu? Bisa saja dia silap lihat. Bisa saja dia silap dengar. Tapi hati kita," ucapnya.

Begitupun, Syamsul mengaku mendoakan agar Gatot kuat, karena dia sudah menganggap Sutiyas Handayani Pujo Nugroho, istri Gatot, sebagai adik. Soal Evy Susanti yang merupakan istri muda Gatot, Syamsul mengaku tidak tahu. "Siapa? Saya baru keluar (penjara)," ucapnya diikuti tawa orang yang mendengar.

Disinggung mengenai sosok Wakil Gubernur T Erry Nuradi, dia berharap agar Ketua NasDem Sumut itu meningkatkan yang baik dan meninggalkan yang buruk dalam kepemimpinannya. "Kalau dia nanti diangkat Plt, harus jalanlah sebagai anak muda. Kita siap mendampingi dan mensupervisi," cetusnya.

Selain itu, Erry juga diminta bekerja dengan baik karena dia merupakan putra pejuang. "Dia anak pejuang, adik gubernur yang baik (Gubernur T Rizal Nurdin yang meninggal dalam kecelakaan pesawat). Dan saya yakin dia juga bisa jadi orang yang baik," sebut Syamsul.

Selain itu, Erry juga diminta menjaga martabat gelar tengku yang disandangnya. "Di orang Melayu, tengku itu luar biasa. Menyalamnya tidak boleh langsung. Angkat tangan ke kepala baru boleh salam," beber Syamsul.

Ketika wartawan menyinggung apakah ada unsur politis dalam penetapan Gatot sebagai tersangka suap dan penyelidikan terhadap politikus PKS itu, Syamsul juga menghindar. "Waduh, saya baru keluar," katanya. (Mdk)

Oleh : Frangki Silalahi
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment