Taput Dilanda Wabah Muntaber, Satu Orang Meninggal Dunia

Ilustrasi
Partukkoan - Tarutung
 
Sejumlah Warga di Kabupaten Tapanuli Utara tepatnya di Kecamatan Pahae dan Purbatua terserang wabah Muntaber dan dilaporkan satu orang meninggal dunia.

“Wabah ini telah menjangkiti sebanyak 54 warga Pahae Jae dan Purbatua menjadi korban. Tercatat 28 orang warga Purbatua, 27 diantaranya menjalani perawatan intensif di puskesmas setempat dan di Rumah Sakit Umum Tarutung. Sementara itu, 1 orang warga atas nama Masjelita Br Panggabean (19) warga Lobu Harambir Bonanidolok telah meninggal dunia,” terang Kepala Dinas Kesehatan dr Janri Nababan, Minggu, di Tarutung.

Selain di Kecamatan Purbatua, wabah juga menjangkiti 26 warga Kecamatan Pahae Jae yang saat ini juga masih sedang menjalani perawatan di puskesmas setempat dan di RSU Tarutung. “Kita belum tahu apa penyebabnya.Namun kita sudah bawa sampel air dari sumber air minum warga, kotoran dan sekaligus muntahan dari korban ke laboratorium di Medan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui jenis bakteri penyebab muntaber tersebut,” kata Janri.

Dikatakannya, hasil laboratorium akan diketahui sekitar 5 hari kedepan. Hasil tersebut akan diketahui secara lengkap. “Mungkin saja pada hari pertama sudah ada kesimpulan sementara terkait jenis bakteri. Namun lebih lengkapnya butuh waktu selama 5 hari,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Direktur Rumah Sakit Umum Tarutung, Dr. Ganda Nainggolan menyebutkan bahwa pihaknya sedang merawat sejumlah 8 warga korban muntaber yang dirujuk ke Rumah Sakit. “Saat ini mereka masih menjalani perawatan intensif di ruangan ICU di rumah sakit umum Tarutung,” katanya.

Haluddin Naingolan salah seorang keluarga penderita menungkapkan, bahwa istrinya Dermawan Sitompul yang menjadi korban muntaber mengalami muntah dan berak secara tiba-tiba pada pagi hari Kamis, 23 Juli 2015 lalu. “Kondisinya langsung lemas. Makanya, langsung kita larikan ke puskesmas. Namun, karena kesehatannnya tidak kunjung membaik. Dia terpaksa saya rujuk ke rumah sakit ini,” pungkasnya. (Ant)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment