Tumbuhkan Toleransi, Mahasiswa Non Muslim Ikuti Ramadhan

BBC Indonesia

Partukkoan - Jawa Timur

Untuk lebih mengenal tentang ajaran Agama Islam, sebanyak 40 orang mahasiswa dari Non Muslim mengikuti kegiatan Ramadhan di pesantren Kota Malang Jawa Timur.

Mahasiswa yang terdiri dari Katholik, Kristen, Budaha dan Hindu itu tinggal bersama keluarga muslim dengan harapan dapat memperkuat rasa toleransi.

Bahkan mereka ikut berbaur dengan para santri dan mengikuti kegiatan seperti mengaji, sahur, berbuka puasa serta ikut menyimak dan mendengarkan pengajian.

“Sore itu ikut mengaji jam empat, sampai buka Puasa bersama. Makan bareng di baki, satu baki orang empat, lima secara bareng-bareng (bersama)," kata Yofranny Winardi Mahasiswa Universitas Machung Malang, seperti dikutip dari BBC.

Dari situ, mereka mengaku bisa merasakan langsung kehidupan para santri. Tidur beralas karpet, satu ruangan diisi delapan orang serta makan bersama dalam satu wadah.

Yofranny dan kawan-kawan diajak mengenal serangkaian ibadah selama bulan puasa, mulai membangunkan mereka untuk sahur bersama hingga mengajak dan mengenalkan mereka salat berjamaah, salat tarawih dan bertadarus.

“Kalau mau ikut sahur, ya kita ajak. Kalau ternyata gak kuat bangun ya kita biarkan saja," ucap David Darissalam, seorang santri pendamping para mahasiswa non-Muslim itu.

Dari mereka diakui ternyata masih banyak yang tidak sanggup melakukannya, karena memang tidak terbiasa. "Ternyata banyak yang tak terbiasa, karena memang tak pernah melakukan,” ungkapnya sambil tertawa.

Kegiatan seperti ini kataDavid bukanlah yang pertama, karena sebelumnya juga pernah dilakukan. Untuk itu dirinya yakin para peserta akan semakin memahami pentingnya saling menghormati.

"Toh ternyata pada akhirnya semua kita memang punya keyakinan masing-masing tapi harus saling menghormati,” ujar David.

Kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap tahun. Pada awalnya kegiatan ini merupakan program pengembangan karakter Universitas Ma Chung, Malang, disebut OBOR (Orientation Based On Reflection). Untuk kali ini Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi kerjasama dengan kelompok Gusdurian Malang.

Ketika selesai melaksanakan kegiatan tersebut, diharapkan hubungan silaturahmi dan komunikasi tetap terjalin agar keberagaman dan toleransi antar umat beragama tetap terjalin.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment