Antisipasi Teroris, Polda Gorontalo Perketat Penjagaan

Penangkapan Teroris/ Ilustrasi
Partukkoan - Gorontalo

Untuk mengantisipasi masuknya teroris yang mulai terdesak di wilayah poso, pihak Polda Gorontalo meningkatkan penjagaan di wilayah perbatasan.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Gorontalo, AKBP Lisma Dungio, mengatakan, saat ini, sejumlah titik di wilayah perbatasan dengan Sulteng menjadi fokus pengetatan penjagaan dan pencegahan bagi kemungkinan masuknya pelaku kejatahan dan teroris ke Gorontalo.

Dijelaskannya, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Andjaja telah memerintahkan Kapolres di wilayah perbatasan untuk memperketat pengawasan wilayah perbatasan, guna mencegah pelarian anggota teroris Poso masuk ke Gorontalo.

Namun, untuk kali ini, penjagaan dilakukan dengan ekstra ketat dengan menempatkan sejumlah personel Polda, Brimob, serta anggota Polres dan Polsek terdekat.

"Kami tidak ingin ada anggota teroris masuk ke Gorontalo, seperti kejadian beberapa hari lalu, dengan tertangkapnya salah seorang yang diduga jaringan Santoso oleh Densus 88 di Kota Gorontalo," kata Lisma, Gorontalo, Kamis (20/8).

Dia mengungkapkan bahwa sejumlah titik di wilayah perbatasan yang saat ini makin diperketat penjagaannya, yaitu Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato yang berbatasan dengan Kabupaten Parigi Moutong (Sulteng), Kecamatan Tolingula yang berbatasan dengan Boul (Sulteng), Kecamatan Atingola yang berbatasan dengan Bolaang Mongondow Utara (Sulawesi Utara), dan wilayah Bone Pantai yang berbatasan dengan Molibagu (Sulawesi Utara).

Dia mengatakan, Polda Gorontalo dan jajarannya, selain melakukan mengamanan di wilayah darat, juga melakukan patroli di perairan yang berbatasan langsung dengan daerah tetangga.

Untuk pengamanan wilayah perairan, pihaknya melakukan patroli dengan memeriksa perahu motor yang keluar masuk perbatasan, baik mengecek identitas anak buah kapal, penumpang maupun barang muatan.

Partisipasi masyarakat Gorontalo juga katanya diharapkan lebih ditingkatkan untuk bahu-membahu dengan aparat kepolisian, dalam mengamankan wilayah Provinsi Gorontalo, terutama terkait upaya pencegahan atas kemungkinan masuknya jaringan teroris. (BS)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment