Bayi Umur 18 Bulan Tewas Terbakar , Warga Yahudi Ditahan Pemerintah Israel

Partukkoan – Tel Aviv

Diduga terlibat dalam aksi pembakaran sebuah desa di Tepi Barat hingga menyebabkan kematian seorang seorang bayi palestina, warga yahudi bernama Mordechai Meyer ditahan Pemerintah Israel tanpa persidangan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, serangan pembakaran di Desa Duma merupakan aksi terorisme dalam segala aspek. Dia mengklaim telah menempuh semua upaya untuk menahan mereka yang dinilai bertanggung jawab atas aksi ini.

Dia ditempatkan di penjara selama enam bulan karena diduga terlibat dalam aksi pembakaran yang dilakoni sebuah kelompok teror Yahudi. Aksi itu menewaskan seorang bayi Palestina berusia 18 bulan bernama Ali Saad Dawabsha.

Adapun kedua orangtua dan kakaknya yang berusia empat tahun cedera parah saat api membakar rumah mereka di Desa Duma, Tepi Barat.

Pemenjaraan tanpa melalui persidangan terhadap seorang Yahudi belum pernah dilakukan. Selama ini, langkah tersebut diterapkan pada warga Palestina manakala tidak ada cukup bukti untuk mendakwa tersangka.

Metode interogasi Pada Senin (3/8/2015), Israel mengatakan akan menggunakan metode interogasi khusus untuk menangkal aksi ekstremis kaum Yahudi. Menteri Keamanan Dalam Negeri Israel Gilad Erdan mengatakan kepada Israel Radio bahwa tersangka ekstremis Yahudi dapat diperlakukan secara kasar di tahanan untuk memperoleh pengakuan.

Metode serupa telah diterapkan terhadap tahanan Palestina. Akan tetapi, tindakan Israel dipandang tidak cukup. Organisasi Kemerdekaan Palestina (PLO), yang mendominasi Otorita Palestina di Tepi Barat, mengatakan bahwa Pemerintah Israel bertanggung jawab sepenuhnya atas kematian yang disebabkan oleh "pembiaran Pemerintah Israel atas terorisme pendudukan selama berpuluh tahun".

Sekitar 500.000 warga Yahudi tinggal di lebih dari 100 permukiman yang didirikan Israel sejak pendudukan di Tepi Barat dan Jerusalem Timur pada 1967. Pendudukan itu dipandang ilegal dari kacamata hukum internasional, tetapi Israel menampiknya. (BBC/Part)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment