Bupati Rohul : Mari Kita Wujudkan Cita-Cita Pejuang Terdahulu

Partukkoan - Pasir Pengaraian
 
* Sebagai Irup Pada HUT Kemerdekaan RI ke-70
 
Peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, Senin (17/8) di Halaman kantor Bupati, berlangsung lancar dan khikmad. Sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Rohul, Drs H Achmad MSi, Perwira Upacara, Danramil Kunto Darussalam, Kapten Infantri Yuhardi, Komandan Upacara Danramil Rambah, Kapten (Arm) Alza Septendi, sedangkan Teks Promasi, dibacakan Ketua DPRD Rohul, Nasrul Hadi ST MT.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati, Ir H Hafith Syukri MM, Sekdakab, Ir H Damri Harun MM, dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Rohul, diantaranya Kajari Pasir Pengaraian, Ketua Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian, Kapolres Rohul, Dandim 0313 KPR, Ketua MUI Rohul. Juga para Staf Ahli, Asisten, kepala dinas, badan, kantor di lingkungan Pemkab Rohul, para anggota veteran, para anggota TNI dan Polri, pegawai negeri sipil dan honorer di lingkungan Pemkab Rohul serta para perwakilan siswa/i SMP dan SMA se Kabupaten Rohul.

Usai upacara detik-detik proklamasi, beragam atraksi menarik dipamerkan oleh berbagai unsur dan instansi, seperti atraksi Marching Band Gita Karya Praja, beladiri dan Goyang Satpol PP Wanita, para layang, penampilan baris-berbaris dari Polisi Cilik binaan Sat-Lantas  Polres Rohul, fragmen melalui cerita kolosal tentang kehidupan bermasyarakat Rohul. Kemudian atraksi kesenian, yakni Tor-Tor Mandailing, Reog Ponorogo, kuda lumping, Gondang Barogong, dan kesenian melayu lainnya.

Bupati Achmad mengatakan, peringatan ini merupakan yang terakhir bagi dirinya, sebab April 2016  masa jabatannya akan berakhir. Dengan nilai-nilai semangat, kejujuran, keikhlasan, nasionalisme dan kebersamaan, para pejuang kita mampu meraih kemerdekaan RI pada masa itu, oleh karenanya kepada kita generasi penerus bangsa masa kini dengan bermodalkan nilai-nilai kejuangan tersebut, kita isi kemerdekaan melalui pembangunan di kabupaten Rohul ini, ungkapnya.

Mari kita wujudkan cita-cita para pejuang kita terdahulu, kita evaluasi apa yang sudah dan belum tercapai. Melalui momentum HUT RI ke-70, kita renungkan kembali nilai-nilai perjuangan mereka, dengan mengorbankan jiwa dan raga tanpa pamrih, untuk merebut kemerdekaan itu, terang Achmad.

Oleh: Maruba Habeahan.

Editor: Rebin Malau. Dari Riau.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment