Calon Tunggal, KPU Buka Pendaftaran Pilkada

Partukkoan - Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka kembali pendaftaran bakal calon kepala daerah di 7 wilayah kota dan kabupaten yang terancam gagal mengikuti pilkada serentak pada tahun ini. (Baca : Presiden Joko Widodo tidak berkenan terbitkan Perppu Pilkada 2015)

Ketujuh daerah itu adalah Kota Surabaya, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Blitar, Kota Mataram, Kota Samarinda, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Ketua KPU, Husni Kamil Malik, mengatakan masa pendaftaran tersebut akan dibuka selama tiga hari, terhitung sejak tanggal 9 sampai 11 Agustus mendatang.

Untuk itu, KPU juga akan mencabut keputusan tentang penundaan tahapan pilkada bagi ketujuh daerah tersebu, seperti diatur dalam Surat KPU bernomor 443/KPU/VIII/2015.

Menurut Husni, perpanjangan itu juga akan berdampak pada tahapan-tahapan lainnya, seperti tahapan kampanye. Dimana waktu kampanye yang seharusnya tersedia selama tiga bulan akan berkurang. Selain itu Kegiatan internal KPU seperti pengadaan barang dan jasa juga akan dipadatkan," ungkapnya usai jumpa pers di kantornya (6/8).

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay memaparkan, tahapan pilkada di tujuh daerah tersebut sebenarnya tidak akan tertinggal jauh dengan tahapan di daerah-daerah pemilihan lainnya.

"Hanya akan ketingggalan dua hari kampanye. Perbedaannya tidak terlalu panjang karena tidak ada calon perseorangan," ungkapnya.

Menurut perhitungan Hadar, penetapan pasangan bakal calon di tujuh daerah tersebut akan mundur lima hari dibandingkan daerah lainnya.

Sebagaimana diatur Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2015, penetapan pasangan bakal calon menjadi pasangan calon kepala daerah di daerah yang tidak menjalani perpanjangan masa pendaftaran akan dilakukan pada tanggal 24 Agustus.

Sementara itu, Hadar yakin menyempitnya waktu pengadaan barang dan jasa di tujuh daerah itu tidak akan begitu mempengaruhi jalannya pilkada. "Pengadaan logistik tidak akan bermasalah karena pasti akan ada penyesuaian," ucapnya.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment