Festival Musik Tradisi Remaja Nasional, Samosir Raih "Penyaji Terbaik"

Muda - Mudi Samosir saat menerima Penghargaan sebagai Penyaji Terbaik
Partukkoan - Samosir 

Samosir sebagai perwakilan Sumatera Utara berhasil meraih penghargaan sebagai "Penyaji Terbaik" dalam ajang Festival Musik Tradisi Remaja Nasional di Museum Fatahila Kota Tua Jakarta pada 5-8 Agustus yang lalu. Saat itu Samosir membawakan 4 lagu tradisional dan bersaing dengan peserta lainnya dari 34 propinsi seluruh Indonesia. 

Musik tradisional yang menjadi kebanggaan Samosir ternyata mampu menghasilkan prestasi yang membanggakan di ajang-ajang maupun festival-festival music tradisi di berbagai event. Tidak terkecuali event remaja yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. 

Zani R Marbun, mahasiswa Etnomusikologi USU sebagai penata musik dari rombongan pemusik tradisi ini membenarkan prestasi yang dicapai remaja Samosir. Melalui seluler Putra Asal Rongurnihuta Samosir itu mengatakan, prestasi yang dicapai remaja Samosir ini tidak terlepas dari proses pembinaan pemusik-pemusik tradisi Batak yang tetap dijaga di Kabupaten Samosir. 

Sementara, Parningotan Sinaga salah seorang musisi dan juga pengusaha yang bergerak di bidang Entertainment di Samosir mengaku bangga saat mengetahui hasil yang diperoleh oleh anak-anak Samosir. 

Sebelumnya, Parningotan mengaku ketika latihan sempat menyaksikan persiapan anak-anak tersebut dan memberi beberapa saran untuk penampilan yang akan mereka tampilkan. 

“Saya pikir, mereka wajar dan sangat pantas mendapatkan hasil ini, dan ini merupakan kerja keras anak-anak tersebut, dan semoga ini menjadi kebanggaan bagi mereka untuk tetap menjaga musik tradisi kita sebagai orang Batak, serta anak-anak lainnya bisa tertarik juga untuk belajar musik tradisi”, ucap Parningotan. 

Perlu diinformasikan, Pemain tradisional yang dikirimkan dari Samosir ini berasal dari siswa SMA yang ada di Pangururan antara lain Noperregan Simbolon dan Januardo Sitanggang siswa SMA N 1 Pangururan, Arjuna Sitanggang, Fransisco Turnip dan Priadi Sijabat siswa SMA N 2 Pangururan, Arjuni Simbolon siswa St. Mikhael Pangururan, Jufinaldo Sihaloho siswa SMK HKBP Pangururan, Martogi Sinurat siswa SMK 11 Medan yang juga berasal dari Samosir.

Oleh : Harmoko Sinaga
Editor : Marcopolo Sitanggang
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment