Hacker Rugikan Indonesia Miliaran Rupiah, Waspadai Peretas Mobil

Jeep Cherokee, salah satu mobil mewah yang menggunakan Teknologi Jaringan Internet
Partukkoan - Samosir

Sejak tahun 3 tahun silam, tercatat sebanyak 36,6 juta serangan kejahatan dalam jaringan di Indonesia, dan nilai total kerugian yang timbul sejak tiga tahun terakhir mencapai Rp33,29 miliar. 

Demikian dikatakan Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Kepolisian Indonesia, Komisaris Besar Polisi Agung Setya, Selasa di Jakarta. 

Menurut dia, mulai 2012 hingga April 2015, Subdit IT/Cyber Crime telah menangkap 497 orang tersangka kasus kejahatan di dunia maya. Dari jumlah itu, sebanyak 389 orang warga negara asing, dan 108 WNI.  

"Kejahatan di dunia maya terus meningkat seiring dengan semakin banyak pengguna internet dan semakin baiknya koneksi internet di Indonesia," katanya.  Pihaknya juga lanjutnya sedang mewaspadai kejahatan IT model terbaru, kejahatan dengan meretas jaringan teknologi mobil mewah.   

Seperti diketahui, tekologi mobil saat ini sudah semakin canggih, dimana pemilik mobil telah dapat berhubungan langsung dengan mobil mereka sekaligus mengetahui kondisi mobil hanya dengan aplikasi di ponsel. Namun ternyata kelemahannya adalah hacker dapat meretas teknologi tersebut sehingga mampu membuka dan menyalakan mobil tersebut. 

Seperti dimuat pada lama reuters, hacker dapat mengeksploitasi lubang keamanan di produk tersebut untuk membuka mobil dan menyalakan mesin dari jarak jauh.  

Sammy Kamkar seorang hacker golongan putih sekaligus peneliti mengaku telah menemukan cara untuk melakukan hal itu dengan mencegat komunikasi antara aplikasi mobile OnStar RemoteLink dan layanan OnStar di mobil. 

Bahkan Kamkar merilis video tentang itu. Hal itu membuktikan bahwa hacker telah berhasil masuk dalam jaringan teknologi dalam mobil mewah tersebut. 

Dikabarkan, setelah itu pihak Fiat-Chrysler terpaksa harus menarik (recall) sekitar 1,4 juta kendaraan mereka setelah hacker menunjukkan kerentanan yang serius di Jeep Cherokee. Hacker diakui dapat mengambil alih mobil walau kondisi mobil sedang dikendarai.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment