ICW Sebut 10 Capim KPK Punya Catatan Buruk

Partukkon - Jakarta

Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan dari 19 calon Pimpinan KPK memiliki catatan buruk.

"Sebanyak 10 orang memiliki catatan negatif," sebut Koordinator Divisi Investigasi ICW, Febri Hendri, usai bertemu Pansel KPK di Kantor Setneg, Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Menurut penelusuran ICW, delapan nama terindikasi memiliki catatan buruk dari aspek integritas, sementara dua lainnya terindikasi dari aspek kualitas dan kompetensi.

walau demikian Febri tidak ingin memperinci 10 nama calon Pimpinan KPK yang memiliki catatan buruk. Dirinya menyebut kesepuluh nama itu diantaranya berlatar belakang pejabat negara.

"Ada profesional, ada juga yang pejabat negara," kata Febri.

Menurut Febri, kesepuluh nama calon Pimpinan KPK yang memiliki catatan buruk tersebut dinilai tidak layak dipilih oleh Pansel KPK sebagai pimpinan KPK.

"Menurut kami nama-nama tersebut tidak layak menjabat sebagai pimpinan KPK," ujar Febri.

Catatan ICW terkait 10 nama calon Pimpinan KPK dari aspek integritas diantaranya diduga pernah mendorong penyalahgunaan wewenang bawahan disertai imbalan, memiliki bisnis bermasalah dengan HAM, lingkungan dan pajak, terkait dengan jaringan politik atau diduga punya interest politik tahun 2019.

Kemudian penyelewengan dalam pengusutan kasus Ppdana, bermasalah dengan pengelolaan dana di tempat kerja dan berpotensi menjadi tindak Pidana korupsi, terkait atau memiliki jaringan intelijen, bermasalah dengan pengelolaan dana ditempat kerja dan berpotensi menjadi tindak Pidana korupsi.

kemudian terkait dengan kelompok bisnis yang berpotensi memicu konflik dengan pengusutan kasus korupsi di KPK dan dissenting opinion/ membebaskan terdakwa/ menghukum ringan terdakwa kasus korupsi dan pandangannya bertentangan dengan UU Nomor 8 Tahun 2011 tentang TPPU.

Untuk aspek kualitas, diduga 10 nama calon Pimpinan KPK terkait kinerja penyelidikan kasus korupsi buruk dan sedikit pengalaman dalam dengan penyidikan atau penutupan kasus korupsi dan keberanian memberantas korupsi yang terkait dengan politisi dan penegak hukum diragukan. (Tri)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment