Jadi Menteri, Luhut Juga Rangkap Kepala Staf Kepresidenan

Enam Menteri yang dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara

Partukkoan - Jakarta 

Luhut Panjaitan Kepala Staf Kepresidenan diangkat menjadi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan oleh Presiden Jokowi, Rabu (12/8). 

Walau telah diangkat menjadi Menteri, Luhut juga tetap menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan untuk sementara waktu menunggu dihunjuknya pelaksana tugas agar tidak mengalami kekosongan jabatan. 

“Sementara ini Luhut belum akan diberhentikan sebagai Kepala Staf Presiden, namun akan segera diberhentikan kata anggota Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki, selesai pelantikan enam menteri baru Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta. 

Dengan demikian lanjut Teten, Luhut saat ini rangkap jabatan sebagai Kepala Staf Presiden maupun Menkopolhukam. Luhut pun tak keberatan dengan rangkap jabatan tersebut. Ia yakin tak bakal kesulitan menjalankan peran gandanya. 

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla justru menyatakan tugas dan fungsi Kepala Staf Presiden kini dijalankan oleh Sekretaris Kabinet, yakni Pramono Anung. 

“Sementara ini akan diberikan tanggung jawab ke Seskab untuk menjalankan lembaga itu (Kantor Staf Kepresidenan)," kata JK di Kantor Wakil Presiden. 

Menurut JK, Kepala Staf Presiden akan dipegang Seskab karena tugas dan fungsi lembaganya hampir serupa dengan Kementerian Sekretaris Kabinet. 

Namun pernyataan JK tersebut dibantah oleh Staf Khusus Bidang Politik dan Media Kantor Staf Kepresidenan, Atmadji Sumarkidjo. Menurutnya, saat ini jabatan Kepala Staf Presiden tetap berada di tangan Luhut. 

“Setelah pelantikan menteri baru, Presiden langsung bertemu Pak Luhut dan menginstruksikan kepadanya untuk rangkap jabatan sebagai Kepala Staf Kepresidenan,” kata Atmadji di Istana Kepresidenan. 

Menurut Atmadji, tak ada landasan hukum yang melarang jabatan menteri dirangkap dengan Kepala Staf Kepresidenan. 

“Itu sepenuhnya teritori Presiden untuk menentukan,” kata dia. Lagipula, ujar Atmadji, secara teknis kantor Menkopolhukam dan kantor Staf Kepresidenan tak terlalu jauh letaknya, hanya berjarak tujuh menit. (Cnn/part)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment