Kuatnya Ledakan di Tianjin, Asapnya Terlihat Dari Angkasa

Satelit pencitra milik NASA menangkap asap ledakan Tianjing
Partukkoan – Tianjin  

Besarnya kekuatan ledakan yang terjadi di kompleks industri kota Tianjin, China, pada Rabu malam lalu membuat asap dari ledakan itu dapat dilihat dari luar angkasa.  

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA merilis beberapa foto yang memperlihatkan ledakan Tianjin dari luar angkasa sehari setelah ledakan terjadi.      

13 Agustus 2015 lalu Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) di satelit Terra NASA mengakuisisi citra bulu-bulu gelap melayang di atas Laut Bohai di lepas pantai timur Cina . 

Sekitar tiga jam kemudian, instrumen MODIS pada satelit Aqua menangkap gambar kedua.  Dari rilis NASA, sumber asap tampaknya berasal dari kebakaran industri di sebuah pelabuhan di Tianjin, Cina. Dalam citra, asap abu-abu terang juga terlihat dalam gambar.  

Sementara itu, CBC melaporkan bahwa Biro Gempa Bumi Nasional menyebutkan ledakan pertama sama seperti daya ledak 2,7 ton TNT. Ledakan ini memicu ledakan kedua yang lebih besar lagi, yaitu setara 19 ton TNT.  

Dahsyatnya suara dampak ledakan bisa dilihat dari berbagai rekaman warga setempat di laman sosial media. Berbagai video menunjukkan jilatan lidah api yang menjulang ke udara.  

Stasiun CCTV memberitakan bahwa dua ledakan keras itu terjadi dalam jarak 30 detik. Sebanyak 100 mobil pemadam kebakaran telah dikirimkan ke lokasi untuk memadamkan api dan menyelamatkan warga sementar bangunan dan infrastruktur di sekitar ledakan mengalami kerusakan yang parah.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment