Lantamal II Padang Gelar Kontes Batu Akik Nusantara

Batu Cincin Lumut Ganting/ Ilustrasi
Partukkoan – Padang

Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang menggelar kontes dan pameran batu akik dalam rangka memperingati HUT TNI-AL ke-70.

"Kontes bakal digelar pada 18 hingga 21 September 2015 di Mako Lantamal II Padang," kata Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama Dindin Kurnadi di Padang.

Ia menjelaskan, ada 11 kelas bakal dipertandingkan dalam kontes batu akik bertema "Amazing Batu Akik Nusantara" dengan total hadiah Rp 60 juta serta Doorprize satu unit sepeda Motor dengan juri berskala nasional.

"Lantamal II Padang kembali membangkitkan gairah batu akik yang sedikit mulai pudar, disamping itu mampu menumbuhkan kesadaran untuk menghargai kekayaan alam serta ada kedekatan TNI bersama masyarakat," pungkasnya.

Selain kontes batu akik tambah Dindin Kurnadi, Lantamal II juga mengadakan festival Band pelajar pameran senjata, dan Kolone Senapan. Peserta mengikuti festival Band wajib membawakan lagu diantara Bendera oleh Cokelat serta Gebyar-gebyar ciptaan Gombloh.

"Lagu ini bisa menggugah rasa nasionalisme pelajar serta kecintaan terhadap bangsa dan negara,"tegasnya.

Ia mengatakan, batu akik ini akan mampu meningkatkan percepatan ekonomi masyarakat, terwujudnya pusat batu akik di Sumbar, terciptanya alternatif penyerapan tenaga kerja baru dan menjadikan icon batu akik Sumatera Barat dikenal di manca Negara.

"Lebih dikenalnya batu akik asal Sumbar, perekonomian masyarakat, terutama yang berkaitan dengan batu akik akan bisa meningkat,"katanya.

Lebih lanjut, adanya batu akik ini terciptanya alternatif penyerapan tenaga kerja baru bagi masyarakat di Sumatera Barat.

"Selain itu, diharapkan daerah penghasil batu akik di Sumbar akan menjadi daerah tujuan wisata bagi para pecinta batu akik dari berbagai daerah di Indonesia dan dunia," harapnya.

Sementara, Deni salah seorang sekretariat Panitia menyatakan, kontes batu akik dibagi dalam 11 kategori diantaranya Bacan Pro,Bacan Amatir, Sungai Daerah, Pancawarna.

"Insert kontes batu akik medium Rp 100.000, jumbo Rp 100.000, sewa stand pameran biaya Rp 1.000.000

Dijelaskan dia, bagi peserta yang mau mengikuti kontes dapat mendaftarkan dirinya ke Satkamla Lantamal II yang berada di Batang Arau Muaro Padang.

"Peserta sudah boleh menghubungi panitia untuk mendaftar serta menyewa stand Satkamla Lantamal II yang berada di Batang Arau Muaro Padang,"ucapnya.

Oleh : Derizon Y.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment