Masyarakat Samosir Menginginkan Perbaikan Jalan Kabupaten

Kondisi jalan Putri Lopian saat diabadikan wartawan
Foto: Rebin Malau
Partukkoan - samosir

Jelang berakhirnya jabatan Bupati samosir Ir Mangindar Simbolon, MM pada bulan September mendatang, Masyarakat Samosir menghendaki adanya pembenahan sarana dan prasarana jalan kabupaten dan jalan desa.

"Karena akses jalan desa yang menjadi tulang punggung dapat memperlancar pengangkutan hasil pertanian tiap pedesaan, hal ini sangat di harapkan para penduduk yang tinggal di pedesaan". kata Kasmin Situmorang warga Palipi kepada wartawan, Selasa (25/08) di Pangururan.

Hendaknya kata Kasmin, Bupati Samosir  yang telah memimpin selama 10 tahun seharusnya bisa membangun jalan desa dan jalan kabupaten yang ada di seluruh samosir. 

"Sekarang hanya menunggu waktu saja, karena masa jabatan Bupati Samosir ini akan habis masa baktinya" ketusnya.

Sementara sektor pembangunan jalan yang sekarang ini lanjutnya hanya pembangunan peninggalan dari kabupaten induk Tapanuli Utara saja yang dinikmati para warga Palipi.

Kasmin Juga menguraikan jalan Alternatif yang menghubungkan Kecamatan Palipi - kecamatan Simanindo melalui perbukitan yaitu desa Pardomuan Nauli menuju desa Tanjungan-Tomok, hingga sekarang akses jalan ini terputus total akibat longsor.  

Bupati samosir beserta Anggota Dewan Samosir sudah meninjau jalan yang putus, namun untuk membenahi jalan ini belum terlaksana.

Hampir senada dengan itu, R. Efendi Malau Putra Simanindo mengatakan, selama 10 tahun kepemimpinan Mangindar Simbolon, pembangunan yang dirasakan penduduk simanindo tidak ada kemajuan sama sekali, 

"seolah-olah segala bentuk bangunan di daerah kecamatan simanindo tidak ada peningkatan. Mungkin sudah “Dianak tirikan” kecamatan simanindo ini" katanya.

Menurutnya, dari 9 kecamatan yang ada di kabupaten samosir, hanya kecamatan simanindo yang paling tertinggal. Semua pembangunan dan akses jalan kata Malau adalah warisan pembangunan dari Tapanuli Utara semua. "Itupun jalan desa dan jalan kabupaten sudah kupak kapik aspalnya" tutur Efendi.

Dilanjutkannya, sejak Residen kepemimpinan Kabupaten Tapanuli Utara, Sektor Kepariwisataan dari Tuk tuk Siadong Kecamatan Simanindo pengunjung Wisatawan Mancanegara bisa membanggakan kemajuan PAD dan masyarakat sekitar. "Namun setelah kabupaten samosir berdiri, kemajuan daerah ini seolah “Mati Suri’.

Oleh: Rebin Malau
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment