Menikmati Tuak Di Pulau Samosir

Partukkoan - Samosir

Tuak merupakan minuman kas orang batak, ada banyak tuak yang mungkin kita kenal karena memang setiap daerah umumnya memiliki ciri khas tuak masing-masing, secara khusus di daerah batak.

Khusus daerah samosir, tuak merupakan minuman yang paling di gemari. Bukan untuk mabuk atau sekedar bersenang-senang, namun tuak dikonsumsi sekedarnya agar dapat tertidur dengan pulas.

Sitanggang, seorang warga sianting-sianting saat ditemui partukkoan mengaku bahwa dirinya tak dapat tidur dengan pulas jika tidak minum tuak 1 atau 2 gelas.

"Kalau tak ku minum apala sagalas, kurang enak tidur" katanya dengan logat indonesia seadanya.

Tuak lanjutnya, sudah menjadi minuman kas bagi dirinya, setiap sore menjelang malam dirinya wajib meminum tuak dua gelas.

"Tiap malam, saya wajib minum 2 gelas. Dan tak pernah lebih. Karena dua gelas sudah cukup membuat saya tidur pulas" ungkap mantan sekdes ini.

Tuak tersebut dihasilkan dari pohon aren (borta dalam istilah batak) yang kemudian "diramu" kembali untuk dijual. Tidak sedikit juga warga di samosir yang ikut mengais rejeki dari menjual Tuak.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment