Menteri Ajak Semua Pihak Permudah Penyaluran Dana Desa

Marwan Jafar
Partukkoan - Samosir   

Marwan Jafar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengajak semua pihak bersama-sama membantu percepatan penyaluran dana desa.   

“Semua pihak harus menjadi satu, mulai bupatinya, gubernurnya, untuk mempercepat penyaluran dana desa,” kata Marwan saat dialog dengan para Kepala Daerah di Griya Gubernur, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (28/8).   

Apabila Dana Desa belum dimaksimalkan atau gagal kata Marwan, akan berdampak sosial politik di masyarakat, yaitu menurunnya menurunkan kepercayaan masyarakat di 74. 093 desa terhadap keseriusan pemerintah dalam implementasi Undang Undang Desa.   

Selain itu, Marwan juga meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi untuk mengeluarkan instruksi agar penyaluran dana desa bisa segera dilakukan.  

“Bapak-bapak kepala desa secepat mungkin menggunakan dana desa itu, kalau toh masih belum tersalurkan, saya minta kepada sekda untuk memberikan instruksi agar segera disalurkan ke masing-masing desa,” tegas Marwan.   

Dirinya juga menegaskan, agar para bupati tidak mempersulit aturan penyaluran dana desa, sebab jika dalam proses pencairan dana desa masih dipersulit dengan rezim peraturan, maka penggunaan dana desa tidak akan terserap dengan baik.  

“Kalau bupati tidak menyalurkan dana itu, maka dia (Bupati-red) juga melanggar undang-undang. Oleh karena itu, harus segera disalurkan,” tambah Marwan.   

Dijelaskan Marwan, saat ini penyaluran dana ke desa-desa baru sebesar 20%, untuk itu diminta agar semua syarat administratif supaya dipersingkat. “Agar syarat-syaratnya tidak berbelit lagi dan bisa segera digunakan,” tuturnya seperti dikutip dari setkab.go.id   

Lebih lanjut, dihadapan kepala desa, Marwan Jafar mengemukakan, bahwa Presiden telah menyampaikan ke Kapolri dan Jaksa Agung  agar masalah administrasi tidak dipidanakan.   

Dan saat ini, akan dipersiapkan secepatnya ketentuan untuk mempermudah persyaratannya pencairan dan penggunaannya.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment