Penetapan Paslon Bupati, Dua di Tobasa dan Empat Di Samosir

Partukkoan - Samosir

Dalam memenuhi ketentuan pasal 67 ayat 3 PKPU Nomor 09 tahun 2015 tentang pencalonan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, Pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah melakukan rapat pleno penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati di masing-masing daerah yang ikut melaksanakan pilkada 9 Desember mendatang.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toba Samosir telah menetapkan dua pasangan calon Bupati dan wakil Bupati, sementara KPUD Samosir menetapkan 4 pasangan calon.

Penetapan pasangan calon di Toba Samosir sesuai rapat pleno yang digelar pada hari Senin (24/8/2015) di Kantor KPU Balige. 

"Penetapan ini berdasarkan surat keputusan Nomor 54/Kpts/002.434801/2015 tanggal 24 Agustus 2015," kata Ketua KPU Tobasa, Rinto Hutapea di Balige, Senin.

Dikatakannya, dari tiga bakal calon yang mendaftar, pihak KPU Tobasa menetapkan serta mengumumkan dua pasangan, yakni Darwin Siagian berpasangan dengan Hulman Sitorus yang didukung 10 kursi di DPRD.

Kemudian, pasangan calon Bupati Poltak Sitorus dengan calon wakil Bupati Robinson Tampubolon melalui 16 kursi di DPRD Kabutaen Tobasa.

Sementara untuk Pasangan calon dari jalur perseorangan (independen), Monang Sitorus dengan wakilnya Chrisse Sagita Hutahaean, dinilai tidak memenuhi syarat dukungan untuk menjadi pasangan calon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tobasa. 

"Hanya dua pasangan calon, karena calon dari jalur perseorangan tidak memenuhi syarat dukungan minimal untuk mencalonkan," kata Rinto.

Untuk Kabupaten Samosir, KPUD Samosir menetapkan 4 pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dari 4 pasangan bakal calon yang ikut mendaftar.

Hal tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan KPUD Samosir Nomor 33/Kpts/KPU-Kab-002.434810/2015 Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Samosir Sebagai Peserta Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Samosir Tahun 2015.

Rencananya kedua daerah tersebut hari ini (25/8/2015) akan melaksanakan pencabutan nomor urut. (Ant/Part)
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment