Perayaan HUT RI 70 di Samosir Semarak, Pedagang Mengais Rejeki

Partukkoan - Samosir

Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 70 (17/08/2015) di Kabupaten Samosir dengan thema “Semangat Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia merdeka, mari kita mantapkan tahun kunjungan wisata dan sukseskan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Samosir Tahun 2015” berlangsung semarak.

Pengamatan di lapangan, Tampak ribuan warga berasal dari segala penjuru wilayah di kabupaten itu memadati Tanah Lapang Pangururan.

Bupati Samosir, Ir. Mangindar Simbolon bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup) HUT RI ke 70 dan dihadiri Unsur Muspida, Ketua dan Anggota DPRD, Sekda, Veteran, Parpol, Ormas, OKP, Tokoh adat dan Agama serta Pelajar tingkat TK, SD, SLTP dan SMU/SMK.

Setelah upacara selesai, ribuan warga yang telah memadati sekitar tanah lapang dan sepanjang jalan menuju tanah lapang menjadi lahan rejeki bagi warga sekitar yang sehari sebelumnya telah mempersiapkan lapak dagangannya di sekitar lapangan.

M. Naibaho, salah seorang pedagang di tempat itu mengaku upacara HUT RI 17 Agustus yang dilakukan di tanah lapang merupakan hal yang umumnya selalu dilakukan setiap tahun.

“Setiap tahun upacara HUT RI, biasanya selalu dilakukan di tempat ini. Jadi sehari sebelumnya kami para pedagang sudah mempersiapkan semua bahan dagangan kami” Tutur boru Naibaho

Dilanjutkannya, banyak warga sekitar yang membuka tempat-tempat makan, minum dan dagangan kecil untuk mengais rejeki. “ini sudah terjadi setiap tahun, jadi ini sudah seperti budaya, selain mendapat rejeki, para siswa dan anak-anak yang datang bisa berteduh di tempat ini” katanya.

Selain berteduh tambahnya, para siswa atau para guru juga sering menggunakan rumah-rumah para warga sekitar untuk sekedar berganti pakaian ataupun menumpang ke kamar mandi. “banyak juga yang kerumah. Kalau ngga muat di tempat dagangan, mereka ke rumah. Banyak juga yang numpang ke kamar mandi.” tambah ibu naibaho.

Pantauan partukkoan di lokasi, cuaca cerah yang mendukung membuat warga hilir mudik mulai dari simpang tanah lapang hingga lokasi upacara. Pertunjukan yang dilakukan para siswa siswi di samosir juga merupakan tontonan yang menarik bagi warga.

Menurut informasi, upacara penurunan bendera juga akan dilakukan pada sore hari nanti. Sementara saat ini akan berlangsung olah raga sepak bola antara tim dari pemkab samosir melawan tim sepak bola dari pemuda samosir.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment