PNPM Gelar MAD Penyelesaian Dan Pengakhiran Tahun 2014 di Harian

Partukkoan - Harian

Musyawarah Antar Desa (MAD) Sosialisasi Penyelesaian dan Pengakhiran PNPM-MP tahun anggaran 2014 Kecamatan Harian bertempat digelar di Aula Kantor Camat setempat Jumat (21/08/2015).

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Camat Harian Rudi H.J sitorus, Kasi PMD Menanti Manik, Fasilitator Kecamatan, Fasilitator Teknis, dan Kepala Desa Dolol Raja Robert Sihotang, Kepala Desa Janji Martahan P. Pasaribu, Kepala Desa Siparmahan Bertua Sihotang, Kepala Desa Turpuk Sagala Josael Sagala, Ketua  BPD Janji Martahan Ojak Pasaribu, KPMD, TPK serta tokoh masyarakat.         

MAD Sosialisasi Pengakhiran dan Penataan Hasil kegiatan PNPM-MP tahun anggaran 2014 tersebut dibuka langsung oleh Kasi PMD Kecamatan Harian Menanti Manik. 

Dalam sambutannya, Menanti mengungkapkan, bahwa MAD dilaksanakan untuk kepentingan semua pihak dalam rangka melaksanakan pengakhiran pelaksanaan PNPM-MPd tahun 2014, penataan dan pengalihan kepemilikan aset sarana dan prasarana di Desa, serta penataan lembaga pengelola dana bergulir. .       

Menanti Manik menambahkan, bahwa Dana Desa (DD) yang besar tersebut harus ada pendampingnya, sebab pengalihan dari Pogram PNPM-MP  ke Dana Desa harus tepat sasaran. 

Pihaknya juga akan membantu PNPM jika ada kesulitan di lapangan, terkait dengan Sosialisasi dan Musyawarah Desa. 

"Tugas dan wewenang PNPM-MP adalah menata pelaksanaan dan aset sarana dan prasarana hasil dari Program PNPM-MP, seperti aset fisik maupun aset perguliran selama 4 bulan kedepan untuk diserahkan kepada masyarakat" katanya.

Musyawarah Desa (MD) I tambahnya, akan dilaksanakan di masing-masing Desa se Kecamatan Harian, sekaligus menginventarisir aset-aset Desa tersebut. 

Karena seluruh aset adalah milik masyarakat yang dikelola oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dan Kepala Desa yang nantinya akan dibantu oleh Sekretaris Desa, aparat desa dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD). 


Meski program yang bersifat infrastruktur (fisik) ini telah berakhir, tapi untuk aset bergulir masih tetap berjalan.

Oleh : Baktiar Pasaribu
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment