Sambut HUT RI, GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia Ibadah Di Tugu Proklamasi

Jemaat GKI Yasmin, Bogor, dan HKBP Filadelfia, Bekasi, peringati proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan melakukan ibadah minggu yang dipimpin oleh Pendeta, di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (16/08/2015).
Partukkoan - Jakarta

Umat beragama di Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Itu lah yang secara tak langsung disampaikan jemaat GKI Yasmin. 

Juru Bicara (Jubir) GKI Yasmin,  Bina Sigalingging menyebut di usia kemerdekaan Indonesia ke-70, sangat disayangkan masih ada umat beragama yang menjalani ibadah tidak tenang, seperti yang dialami GKI Yasmin, HKBP Filadelfia, Islam Syiah, Islam Ahmadiyah dan lainnya.

"Kita (Indonesia) sudah 70 tahun merdeka‎, tapi kita beribadah kepada Tuhan masih ada cara yang tidak sepantasnya, tidak ditempat seperti biasanya. Ini sangat disayangkan," kata Bona ketika ditemui di Gedung Museum Naskah Proklamasi, Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu (16/8/2015).

Selama empat tahun, tambah Bona, GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia memindahkan ibadahnya di depan Istana Negara. Tak luput, jemaah kedua gereja ini setiap memperingati Kemerdekaan melakukan ibadah di Tugu Proklamasi.

"Ini kita lakukan agar kami tidak diasingkan oleh pihak mayoritas, pihak minoritas selalu disingkirkan. Ini sangat disayangkan, keadilan hukum sudah tidak terlihat," jelasnya.

Menurut Bona, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah berhutang ke Soekarno-Hatta. Sebab, Kemerdekaan untuk menjalankan ibadah pun masih terjadi, sangat miris apa yang dijalankan, ji‎ka beribadah saja tidak diperbolehkan.

"Presiden Jokowi punya utang. Kelompok kami jadi minoritas, ini sangat disesalkan, kami hanya ingin bisa beribadah, jangan pernah di minoritaskan kami. Seharusnya mayoritas bisa menjadi penenang bagi kehidupan beragama," tukas dia.‎

Sumber : Metro TV
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment