Semenanjung Korea Makin Panas, Korea Utara Siap Perang Dengan Korea Selatan


Partukkoan - Samosir

Suasana yang makin panas di semenanjung Korea terus meningkat setelah baku tembak Kamis (20/8) kemarin. Pihak Korea Selatan menembakkan artileri sebagai balasan atas serangan Korea Utara yang memprotes propaganda Pyongyang menggunakan pengeras suara di perbatasan sejak 10 Agustus lalu.

Akibat atas serangan balasan korsel itu, Korea Utara mengeluarkan sikap siap perang dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, pada Jumat (21/8). Kim memerintahkan seluruh tentara Korut di perbatasan dipersenjatai dengan penuh dan memberikan tenggat waktu bagi Seoul hingga pukul 5 sore untuk menghentikan propaganda anti-Pyongyang di sepanjang perbatasan.

Sementara itu, Istana kepresidenan Korea Selatan, Blue House menyatakan pada Sabtu (22/8) bahwa Korsel siap menanggapi provokasi lebih lanjut dari Korea Utara. Pernyataan itu dirilis Korsel terkait ancaman dari Korut agar Korsel menghentikan propaganda anti-Pyongyang. Jika tidak, Korut mengancam melakukan aksi militer.

Wakil Menteri Pertahanan Korsel, Baek Seung-joo menyatakan pada Jumat pemerintahnya memprediksi Korea Utara akan meluncurkan tembakan ke 11 tempat yang menjadi lokasi propaganda pengeras suara anti-Pyongyang.

Dikutip dari berita Yonhap, sumber militer menyebutkan pada Sabtu (22/8) terlihat gerakan militer bahwa Korut sedang bersiap menyerang pengeras suara dan melemparkan artileri ke dekat perbatasan. Meski demikian Informasi tersebut masih didalami oleh Kementerian Pertahanan Korsel.

"Blue House dengan tenang mengamati situasi dan siap untuk merespon kuat terhadap setiap provokasi tambahan (dari Korea Utara)," kata juru bicara Blue House, seperti dimuat Reuters.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Jusri Marbun

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment