Akibat Kabut Asap, Warga Padang Diserang Batuk


Partukkoan - Padang

Warga Kota Padang mulai menderita batuk akibat kabut asap menyelemuti kota itu beberapa hari terakhir ini.

"Kabut asap kirim dari Pekanbaru, Jambi dan Palembang berdampak pada kesehatan warga Padang yakni menderita batuk," kata Juned salah seorang warga yang ikut terkena dampak asap.

Ia mengatakan beberapa hari ini dirinya mengalami batuk, pilek dan disertai radang tenggorokan. Terlebih setiap kali berada di luar rumah dirinya mengaku selalu merasakan perih di kerongkongannya.

"Sudah dua hari (dirasakan), mulanya batuk dan pilek lalu disertai radang tenggorokan," ujarnya.

"Sekarang ini banyak minum air putih serta memakai masker jika keluar rumah seharusnya pemerintah punya solusi, minimal membagikan masker kepada masyarakat," tambah Juned.

Hal senada juga dialami Jamal, dirinya mulai merasakan gejala batuk disertai tenggorokan perih akibat kabut asap.

"Batuk kering sudah mulai terasa akibat kabut asap tersebut," katanya.

Ia berharap, pemerintah harus cepat mengantisipasi kabut asap ini, jika dibiarkan masyarakat bisa menderita isap yang sangat parah.

"Masker harus diberikan kepada masyarakat guna mencegah terjadi penyakit pada masyarakat," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, Eka Lusti menyatakan, kabut asap yang melanda Kota Padang belum membahayakan kesehatan. "Saat ini belum ada berdampak signifikan bagi kesehatan masyarakat akibat kabut asap yang melanda Kota Padang," katanya.

Dikatakan Eka, sekarang ini pembagian masker kepada masyarakat hanya dilakukan di Puskesmas terdekat.

"Masker hanya dibagikan di Puskesmas yang tersebar di Kota Padang," ucapnya.

Eka Lusti mengimbau bagi masyarakat tetap menggunakan masker penutup hidung jika keluar rumah. "Jika kondisi mulai rawan, agar masyarakat menggunakan masker penutup hidung jika keluar rumah," himbaunya.

oleh : Derizon Y.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment