Alusdin Sinaga: Anda Bisa Jika mau

Ir. Alusdin Sinaga
Partukkoan - Samosir

Ada pepatah lama mengatakan “anda bisa, jika mau”, sadarilah bahwa persoalannya ada di dalam diri anda, bukan orang lain.kata Alusdin Sinaga saat dikonfirmasi Partukkoan.com dalam hal bincang bincang terkait pencalonanya sebagai Calon Bupati di Samosir untuk priode 2015-2020 yang diusung oleh partai Golkar dan Hanura yang membawa visi Samosir Makin Sejahtera (SMS) melalui telepon selulernya rabu (16/9) di pangururan.

Kemudian Alusdin juga mengutip kalimat Senator Robert Kennedy (1968) yang mengatakan, “bahwasanya hanya mereka yang berani mengalami kegagalan besarlah yang dapat mencapai kesuksesan besar.” Jika ingin mencapai hal-hal besar sebagai pemimpin, maka anda harus bersedia mengambil inisiatif dan mengambil resiko dengan konsep koridor Berilmu,bermoral dan beriman.

Jadi, sebagai seorang pemimpin harus bisa berinisiatif ke arah perbaikan dan kesejahteraan masyarakat. Pemimpin tidak hanya harus bisa bekerja sesuai tugasnya, tapi juga harus kreatif dan punya inisiatif untuk mengembangkan lembaganya.

Karena pemimpin yang tidak kreatif dan tidak punya inisiatif biasanya hanya melanjutkan tradisi pemimpin sebelumnya tanpa mau berubah atau berkembang.

“Itulah sebabnya saya mau maju mencalonkan Bupati Samosir 2015-2020 untuk kedua kalinya, dimana ditahun sebelumnya saya gagal, namun saya sangat yakin dan percaya atas dorongan dan doa keluarga, sahabat dan masyarakat Samosir pasti bisa menjadi pemimpin yang memiliki inisiatif, untuk memajukan Kabupaten Samosir Semakin Sejahtera” kata Alusdin.

Dalam mencapai kesuksesan sebagai seorang pemimpin, tolak ukurnya bukan hanya kekuatan fisik saja yang dibutuhkan, ada banyak cara untuk mencapai kesuksesan, diantaranya harus bisa mensinergikan empat elemen yaitu vision, action, passion, dan collaboration.

“Untuk menjadi pemimpin harus memiliki visi yang jelas dan apa yang harus dicapai pada lembaga atau instansi yang dipimpinnya, ini penting agar lebih terarah dan terukur, “pungkas Alusdin.

ActiOn maksudnya disini adalah seorang pemimpin yang mempunyai langkah langkah bagaimana caranya mencapai tujuan tersebut, intinya bertindak dan bekerja. Kemudian, Passi-On adalah bahwa seorang pemimpin harus memilik semangat dalam mencapai tujuan.

“Sedangkan, collaborati-On, seorang pemimpin dalam mencapai tujuan tidak bisa dilakukan sendiri harus bekerjasama dengan orang lain yang memiliki visi yang sama, apabila keempat ini bisa dilakukan oleh seorang pemimpin maka lembaga atau instansi yang dipimpinnya bisa berkembang dengan pesat, “ terang Alumni IPB itu.

Sementara, Calon Wakil Bupati Ober Sihol Parulian Sagala mengatakan bahwa niatnya mau menjadi wakil Alusdin Sinaga, dikarenakan karena banyak faktor, salah satunya memiliki persamaan visi misi untuk membuat samosir makin sejahtera.

“Bahwa Pak Alusdin sosok pemimpin yang memilik karakter inovator dalam pembangunan yg didasari dengan sifat beriman, bermoral berilmu serta mau mendengar serta memiliki niat tulus untuk sama-sama bekerja bukan bekerja sama” tutur Ober.

Dijelaskannya, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dengan nomor urut 2 itu telah membuat sebuah konsep pembagian tugas dalam satu pola pikir untuk menyusun kerangka kerja dengan persamaan visi misi membangun samosir yang lebih baik.

Pasangan Ir. Alusdin Sinaga dengan Ober Sihol Parulian Sagala, SE. MM akan lebih berfokus kepada pengembangan dan pembangunan dibidang pertanian karena masyarakat samosir berdasarkan data sekitar 75% masih hidup dari hasil pertanian.

Meski demikian, pengembangan dibidang pariwisata dan budaya tentunya akan tetap dilakukan sesuai dengan potensi alam yang dimiliki Kabupaten Samosir.

Seperti diketahui, Ober Sihol Parulian Sagala, SE. MM merupakan sosok Putra Samosir yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Samosir periode 2005-2010 tentunya paham betul tentang sistem birokrasi pemerintahan. Sehingga diyakini mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di samosir. 

Selain itu dengan motto hidup “melakukan yang terbaik bagi sesama” menjadikannya pria yang suka membantu masyarakat, terlebih masyarakat kalangan bawah. Disisi lain, Ir. Alusdin Sinaga juga merupakan alumni Institut Pertanian Bogor dengan latar belakang pendidikan Sosial Ekonomi Pertanian Progran Studi Ekonomi Sumber Daya Alam & Lingkungan, serta berpengalaman sebagai peneliti, konsultan lingkungan, dosen dan juga sebagai pengusaha di bidang pertanian.

Memiliki sikap energik, berpendidikan, berpengalaman, wawasan nasional dan internasional dan sikap hidup sederhana, peduli dan aktif mengikuti ulaon paradaton dan organisasi parmargaon, aktif dalam pelayanan gereja yang pada akhirnya dapat mensinkronkan nilai-nilai budaya Batak/adat istiadat dengan nilai pariwisata budaya yang akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan Samosir secara holistik dan bisa menjadikan Samosir menjadi pusat budaya Batak sedunia yang berwawasan lingkungan.

Kemudian Keterbukaannya untuk menerima dan menerapkan perkembangan teknologi akan sangat mendukung baginya sebagai Bupati Samosir dalam berbagai terobosan pembangunan yang berhasil dan berdaya guna untuk kemakmuran warga Samosir.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment