Amco: HORaS, Pasangan Yang Ideal

Pasangan HORaS
Partukkoan - Samosir 

“Terima kasih atas segala bantuan, dukungan dari berbagai pihak, ini suatu anugerah Tuhan, hebat bila bersatu.” Ungkap Ir. Hatorangan Simarmata disela deklarasi di Simarmata, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Dua bulan lalu. 

Sebelum deklarasi, Partai Demokrat bersama Partai Gerindra menghantarkan Ir. Hatorangan Simarmata dan Oloan Simbolon, ST mendaftar sebagai pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Samosir ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir. 

Pasangan yang dikenal berslogan “HORaS” (Hatorangan Oloan untuk Rakyat Samosir), diarak massa. Barisan pendukungnya terus ‘mengalir deras.’ Pantauan wartawan, saat pencabutan nomor urut yang diselenggarakan KPU di Aula A.E. Manihuruk (25 Agustus 2015), Saat pencabutan nomor urut, gulungan kertas yang diikat pita oleh KPU dengan tenang Hatorangan membuka ikatan, lalu menunjukan angka satu. Barisan pendukungnya menggemakan aula, “hidup horas, menang, horas,” seruan teriakan. 

HORaS keluar sebagai nomor urut 1 (satu), dan diarak massa pendukung mengelilingi Pulau Samosir. Pasangan ini dikatakan sangat sesuai. Pengalaman Hatorangan di Kabupaten Samosir sebagai salah satu putra samosir terbaik yang membidangi birokrasi, dipadu perjalanan politik Oloan Simbolon yang sampai menduduki kursi DPRD Sumatera Utara. 

“pasangan ini adalah pasangan ideal, Hatorangan adalah sosok birokrat yang tulen semasa menjabat dan Oloan pernah men- jabat anggota DPRD, inilah pemimpin yang mampu memimpin di Kabupaten Samosir" ujar mantan anggota DPRD Manginar Sitanggang atau yang sering disapa Amco.

Profil Hatorangan Simarmata lahir 22 Juni 1957, anak paling bungsu dari 7 (tujuh) bersaudara itu terlahir dari keluarga yang sudah memasuki ranah pemerintahan, ayah Hatorangan sebagai Raja Bius juga menjabat Ketua Dewan Pemerintahan untuk 8 (delapan) kepala kampung di Kenegerian Simarmata. 

pria dengan nama baptis lengkap: Hatorangan Dapentua Simarmata mempersunting Rohani Silitonga dan dikaruniai 1 (satu) anak perempuan dan 2 (dua) anak laki-laki. Setelah lulus dari Fakultas Pertanian di Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 1977, Hatorangan melamar kerja dan diterima di Departemen Transmigrasi (Deptrans) di Jakarta. 

Deptrans menempatkannya di Ambon, Provinsi Maluku. Lalu ditempatkan di Dinas Kehutanan Kabupaten Toba Samosir. Setelah Kabupaten Samosir pemekaran, Ir. Hatorangan pindah dan berkantor di Dinas Pertanian pada tahun 2004, kemudian tahun 2006 menjabat sebagai Kadis Kehutanan, dan diusulkan oleh DPRD pada tahun 2008 untuk menjabat Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA). 

"Bupati Samosir memberitahu kalau saya diusulkan oleh DPRD sebagai Ke- pala Bappeda," Ujar Hatorangan kepada wartawan beberapa waktu lalu. 

Dari pengakuan Ir. Hatorangan Simarmata, perjalanan karir atau jabatan yang didapat tidaklah karena permintaan ataupun menyuap atasan. Tahun 2011, Ir. Hatorangan dipercayai Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon untuk menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Samosir. 

Alumni SMP N II Pangururan itu menginjak masa pensiun pada 1 Juli 2015. dan tugas akhir di birokrasi sebagai Sekdakab Samosir. 

Liputan Abidan Simbolon
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment