Amerika Siap Tampung 10 Ribu Pengungsi Suriah

 Presiden AS Barack Obama saat berada di Kantor Oval Gedung Putih di Washington (09/09)/Reuters
Partukkoan - Samosir

Negara Amerika Serikat menyatakan Negara itu siap menampung paling sedikit 10.000 pengungsi Suriah pada tahun depan. Demikian pernyataan Gedung Putih pada hari Kamis (08/09)

Ini merupakan komitmen spesifik pertama Amerika Serikat telah membuat terhadap peningkatan penerimaan pengungsi dari negara yang dilanda perang.

Sejak awal perang sipil Suriah pada tahun 2011, Amerika Serikat telah menerima sekurang-kurangnya 1.500 pengungsi, dengan 300 lebih diharapkan harus dibersihkan pada bulan oktober mendatang.

Namun pendukung pengungsi dan beberapa anggota Kongres mengatakan akan mengambil tambahan 10.000 pengungsi sebagai upaya dalam mengatasi krisis kemanusiaan yang dipicu oleh perang, yang telah mendorong masuknya pengungsi besar-besaran ke Eropa.

Dalam sebuah surat didistribusikan ke anggota parlemen seperti dilaporkan Reuters, Perwakilan Demokrat David Cicilline meminta Obama untuk menampung 65.000 pengungsi Suriah pada akhir 2016. Kelompok-kelompok keagamaan telah menyerukan Amerika Serikat untuk menerima 100.000 pengungsi Suriah.

Negara-negara Eropa telah mengambil bagian turut menampung para migran yang melarikan diri dari kekerasan. Jerman diperbolehkan 20.000 migran ke negaranya selama akhir pekan dan sedang mempersiapkan penampungan sebanyak 800.000 tahun ini.

Melanie Nezer, wakil presiden HIAS, sebuah kelompok advokasi pengungsi global, mengatakan bahwa Amerika Serikat mungkin akan menampung 10.000 lebih pengungsi dari Suriah.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Dedi Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment