Enceng Gondok Danau Toba Tutupi Jalan

Enceng gondok berada di bahu jalan mengakibatkan jalan menjadi becek dan berlumpur/ foto: Rebin Malau

Partukkoan - Samosir

Metode Menyelesaikan masalah tanpa masalah seharusnya diterapkan di setiap sendi-sendi kehidupan ini, termasuk dalam sistem kinerja pemerintahan.

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui jajarannya telah melakukan pembersihan enceng gondok dari permukaan danau toba, dan hal itu mendapat apresiasi dari warga sekitar, namun persoalan enceng gondok selesai justru persoalan  sampah kembali muncul.

Gulma hidup air atau eceng gondok yang dibersihkan dari perairan danau toba, persisnya di pantai tajur dibuang begitu saja dibahu jalan yang menghubungkan antara Kelurahan Pasar dengan Kelurahan Siogung Ogung. Jalan ini terbentuk dan terlahir akibat program pelebaran Tano Ponggol beberapa tahun silam.

Pengamatan Partukkoan dilapangan, Senin (28/9) enceng gondok itu tampak menghiasi jalan dipinggiran tano ponggol. Anak sekolah yang hendak melintas untuk menimba ilmu harus hati-hati agar gulma tersebut tidak mengotori pakaian mereka. Warga yang melihat itu merasa miris, dan mengaku kecewa atas kinerja dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir.

"Danau toba bersih dari enceng gondok, tapi justru enceng gondoknya kenapa dibuang ke jalan" tanyanya heran.

Seharusnya kata dia, enceng gondok itu dibersihkan dari danau toba tapi jangan dibuang ketengah jalan. "Kan lebih baik jika diolah kembali" kata Naibaho

Di tempat terpisah, A. Bastian Simarmata mengatakan, bahwa enceng gondok itu sebenarnya banyak sekali manfaatnya jika diolah kembali, terutama untuk kepentingan petani. 

"Kalau diolah, enceng gondok itu bisa menjadi pupuk. Saya yakin para petani pasti senang, apalagi petani juga dapat menggunakannya sebagai pupuk untuk menyuburkan tanah" ucap Simarmata.

Menurut penuturan warga sekitar, tahun sebelumnya, pembersihan enceng gondok disekitar perairan danau toba diserahkan kepada warga, akan tetapi kini pihak Pemerintah telah merekrut tenaga honor untuk melakukan pembersihan.

Demi kelancaran pengguna jalan, baik para pedagang dan anak sekolah, masyarakat yang berdomisili di sekitar Kanal Tano Ponggol mengharapkan Dinas terkait untuk membenahi jalan alternatif antara pasar pagi Tajur Kelurahan Pasar menuju Simpang 3 Air Hangat kelurahan Siogungogung.

Oleh: Rebin Malau
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment