Hatoguan Sitanggang : Partukkoan lahir dari Bona Ni Pinasa


Partukkoan - Samosir

Media ini dibentuk asli dari Bona Ni Pinasa (kampung halaman) dan tentunya bona ni pinasa itu adalah Samosir. Maka Partukkoan berpusat di Samosir sebagai kampung halamannya orang batak.

Demikian dikatakan Hatoguan Sitanggang Pemimpin Redaksi partukkoan.com, Sabtu (05/09/2015) saat rapat di lapo partukkoan Pangururan Samosir.

Dilaanjutkan dia, keputusan dan kebijakan terkait perkembangan dan kemajuan partukkoan harus dimusyawarahkan bersama, karena dalam partukkoan Musyawarah sangat diutamakan.

"Dulu, partukkoan merupakan suatu wadah atau tempat yang digunakan ompung-ompung (para leluhur) untuk saling berkomunikasi, saling berembuk sehingga mencapai mufakat atas satu keputusan" katanya.

Oleh karena itu lanjutnya, setiap keputusan ataupun segala sesuatu yang akan dibuat terlebih dahulu dilakukan rapat. "Karena itulah sifat asli partukkoan" tuturnya.

Selain itu, dia juga menegaskan untuk tidak mengumbar kartu pers, sebab yang terpenting dalam media adalah berita, sehingga partukkoan membutuhkan wartawan yang benar-benar mau menulis dan bekerja.

"Untuk apa banyak wartawan kalau tidak bekerja, itu sama saja tugas jurnalistik tidak berfungsi. Dan jangan mengumbar kartu pers atas nama partukkoan ini." tegas Hatoguan.

Sementara, A. Ardian Sinaga dan K Situmorang warga Palipi mengaku gembira atas kehadiran media partukkoan, menurut mereka partukkoan akan menjadi media semua orang khususnya orang batak, kapanpun dan dimanapun.

"Goarni partukkoani, timbo do makna nai, jala tabo begean. Antong sebagai halak batak lomo rohakku mambegei tarlumobi nunga adong muse media partukkoan, massai las rohakku. (Namanya partukkoan, arti dan maknanya besar, saya sebagai orang batak suka mendengarnya, apalagi ternyata medianya juga sudah ada)" kata Sinaga.

Diinformasikan, Dalam rapat itu membicarakan tentang pembagian tugas liputan masing-masing wartawan yang ikut berkontribusi di dalam media partukkoan.com

Oleh: Rebin Malau
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment