Indomaret Di Samosir Menuai Protes, Puluhan Warga Datangi Kantor DPRD

Indomaret yang ada dijalan Sisingamangaraja Pasar Pangururan Samosir
Partukkoan - SamosirKeberadaan merk Indomaret di Jln. Sisingamangaraja No. 43, Pasar Pangururan, Kabupaten Samosir menuai protes keras dari puluhan orang warga yang tergabung dari pedagang groser kecil setempat. Sebagai wujud dari keberatan, mereka ahkhirnya mendatangi gedung DPRD di Parbaba

Para pedagang menuntut supaya perusahaan retail raksasa tersebut ditutup dengan "Harga Mati." Ucap salah satu warga yang tidak mau dituliskan namanya kepada Partukkoan.com. Jumat, (11/9).

Ditempat terpisah, Kadis Koperasi, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang ketika dikonfirmasi Partukkoan melalui telepon seluler mengatakan bahwa ijin daripada Indomaret belum ada dikeluarkan oleh Pemkab Samosir.

"Sampai saat ini ijin Indomaret belum ada dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir, Cq perijinan terpadu tembusan Dinas Koperindag," ujar Hotraja.

Lebih lanjut Hotraja menjelaskan, "sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor: 56/M-DAG/PER/9/2014 tentang perubahan atas Peraturan Mentri Perdagangan Nomor: 70/M/DAG/PER/12/2013 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern."

Hotraja menambahkan, seharusnya pihak Indomaret terlebih dahulu melakukan analisa kondisi sosial ekonomi tentang Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) bagi masyarakat yang berada di wilayah tersebut, serta melihat kondisi kelancaran arus lalu lintas serta fasilitas parkir yang memadai di daerah tersebut. Pungkasnya.

Informasi yang dihimpun Partukkoan, bahwa peresmian Indomaret akan digelar pada hari Sabtu, 12 September 2015 melalui undangan Bunga Tanjung (MDS). Sementara, pihak manajer dari pada Indomaret belum berhasil ditemui oleh media ini guna menanyakan ijin daripada berdirinya Indomaret di Samosir.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Hatoguan Sitanggang

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment