Kabut asap pekat masih terdeteksi di Prov. Jambi dan Sumsel


Padang - Partukkoan

Sementara imbas dari karhutla di Kalimantan terpantau menjangkau Prov. Babel di sebelah timur Sumatera, demikian dikatakan Staf Stasiun GAW Kototabang BMKG, Albert saat dihubungi dari Padang.

Ia menjelaskan sebaran kabut asap di Pulau Sumatera pada hari ini lebih terkonsentrasi di bagian tengah dan selatan.

"Dampak kabut asap yang terjadi di Kalimantan dalam dua hari berturut-turut mencapai Sumatera, dan dirasakan di beberapa wilayah," ungkapnya

Kondisi kualitas udara di Prov. Sumbar pada hari ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan kemarin.
"Informasi dari berbagai tempat mengamati berkurangnya ketebalan kabut asap," jelas Albert.

Ia menambahkan hasil monitoring PM10 di Bukit Kototabang merujuk kondisi kualitas udara berada pada kategori ISPU SEDANG, dengan variasi konsentrasi berkisar antara 54 hingga 100 ug/m3.

"Beberapa wilayah di provinsi ini juga sempat diguyur hujan yang membantu mendeposisikan partikel debu di udara," katanya. Ia menjelaskan hingga sore tadi, pantauan titik panas masih didominasi dari bagian selatan Sumatera.
     
"Peningkatan aktivitas juga terlihat di Prov. Riau. Hal ini menjadi perhatian karena bulan September-Oktober merupakan periode peralihan pergerakan angin," ungkapnya.
  
Pada periode transisi ini, lanjut. Albert pergerakan angin dari timur wilayah Sumbar mulai dapat dirasakan, yang artinya udara dari Riau menjadi lebih dominan.
    
"Untuk saat ini, pergerakan angin lapisan atas masih berasal dari selatan/tenggara, yakni dari Jambi dan Sumsel," jelasnya.

Oleh: Derizon Y.
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment