Kabut Asap Selimuti Pantai Timur Sumatera


Partukkoan - Padang

Kabut asap masih terlihat menyelimuti pantai timur Pulau Sumatera.

"Mulai memanjang dari Provinsi Riau sampai dengan bagian utara Lampung, sebagian wilayah di Provinsi Kepri dan Pulau Bangka di Provinsi Babel juga terdampak kabut asap oleh karena sebarannya yang meluas ke perairan di sebelah timur Sumatera," kata staf BMKG GAW Kotobabang, Albert saat dihubungi dari Padang.

Pantauan titik panas di Pulau Sumatera hingga sore tadi kembali menunjukkan peningkatan jumlah titik panas di bagian selatan Sumatera. Hal ini disebabkan keadaan atmosfer yang kering sehingga belum mampu mengurangi potensi kemunculan titik panas.

"Wilayah yang menjadi sumber titik panas terkonsentrasi di pantai timur Prov. Jambi, Sumsel, dan Lampung, serta beberapa daerah di Babel," jelas Albert.

Ia mengatakan Sementara itu, hujan mengguyur bagian utara Sumatera dan cakupannya menyusuri hampir seluruh pesisir barat pulau.

"Dari kondisi terakhir kualitas udara di Prov. Sumbar, hujan yang turun di wilayah ini mengurangi dampak kabut asap," katanya.
   
Ia menyebutkan Informasi dari beberapa wilayah menyebutkan keadaan yang cukup baik, tanpa gangguan terhadap jarak pandang.
    
"Berdasarkan monitoring PM10 di Bukit Kototabang pada hari menunjukkan kualitas udara pada kategori ISPU BAIK, dengan kisaran 16-42 ug/m3," ungkapnya.

Oleh: Derizon Y
loading...
Share on Google Plus

Tentang Redaksi Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment